Home » , , , , , , » Amalia Adi Nugraha Arisakti, Terbaik di Jawa Tengah

Amalia Adi Nugraha Arisakti, Terbaik di Jawa Tengah

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 05 Juni 2012 | 13.44

TERBAIK: Amalia bersama Kepala Sekolah SMPN 5 Semarang Suharto
(HARSEM/WARA MERDEKAWATI)

SEMARANG- Menjadi lulusan terbaik Ujian Nasional SMP se-Jawa Tengah, tidak pernah dibayangkan siswa SMPN 5 Semarang, Amalia Adi Nugraha Arisakti.

Dia tidak hanya menjadi terbaik di sekolah, tetapi juga dengan nilainya yang mencapai 39,8 menjadi peringkat tiga tingkat nasional. Amalia hanya terpaut 20 poin dari peringkat satu nasional yang diraih Ni Putu Tamara Suweta, siswa SMPN 1 Denpasar yang mendapatkan nilai 40,0. Jumlah nilainya pun sama dengan siswa SMPN DKI Jakarta Novia Meizura yang juga mendapat nilai 39,8.

Dapat meraih prestasi itu pastilah butuh perjuangan. Dengan kerja keras dan ketekunan dalam belajar itulah kuncinya. “Saya tidak menyangka dapat menjadi peringkat pertama di sekolah, karena saat penjajagan UN di sekolah, hanya masuk peringkat sepuluh besar,” ungkap putri pasangan Hadi Susanto, Guru Bahasa Jepang SMAN 16 Semarang dan Titik Kunarti.

Gadis berambut panjang yang akrab dipanggil teman-temannya dengan “Ama Kokoro” ini mengaku, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi UN. Dia bahkan lebih sering bermain atau hanya tiduran di rumah saja sambil membaca komik kesukaanya. Hal itu dilakukan untuk membuat tubuhnya rilek, supaya tidak tegang pada saat ujian karena dengan kondisi tegang bisa mengganggu konsentrasi saat mengerjakan soal-soal.

“Tidak ada waktu khusus, kalau di rumah cuma istirahat saja. Kalau pun  belajar hanya sebentar baca buku yang akan diujikan keesokan harinya,” ungkapnya. Ama memilih bersantai pada saat UN, karena jauh-jauh hari sebelum UN dilaksanakan sudah belajar dengan tekun. Kalau ada kesulitan pun, Ama tak segan untuk menanyakan hal tersebut kepada gurunya.

Ditanya apakah mengalami kesulitan saat mengerjakan soal UN, Ama mengaku memang mengalami kesulitan, namun berkat ketelitiannya dia mampu mengerjakan setiap soal dengan baik. ”Dalam mengerjakan soal yang pasti dibaca, dicermati, dipahami lalu dikerjakan,” tuturnya.

Dengan ketelitiannya itulah yang membuat tiga dari empat mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Inggris, IPA, Matematika mampu dikerjakan secara sempurna dan mendapatkan nilai 10. Sementara Bahasa Indonesia dia mendapatkan nilai 9,8.

Tunggu Pengumuman
 
Setelah lulus dia berencana melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara Magelang yang sudah menjadi cita-citanya semenjak kecil. “Dari dulu sudah pingin masuk sana. Ini sudah daftar di Taruna Nusantara dan sudah menjalani tes tinggal menunggu pengumuman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Semarang Suharto mengaku, dengan prestasi akademik yang diraih salah satu siswinya itu merupakan sebuah kejutan. Dan prestasi yang diraih Ama sebuah kebanggan tersendiri bagi sekolah.

”Kejutan bagi saya karena enam tahun di sini ada salah satu siswa masuk peringkat nasional. Ini semua berkat kerja keras semua guru yang ada,” katanya. Dikatakan Suharto, selama menjalani pendidikan di SMP 5 Semarang, prestasi akademik Ama memang cukup menonjol sejak kelas tujuh. 

Selain itu, Ama juga menorehkan prestasi pada olimpiade sains tingkat Jateng maupun nasional.
“Di tingkat Jateng, Ama mendapat medali perak pada tahun 2009 dan tingkat nasional juga mendapatkan medali perak pada tahun ini,” tuturnya. (wam/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger