Home » , , » IAIN Walisongo, Hanya Dapat Jatah 85 Bidikmisi

IAIN Walisongo, Hanya Dapat Jatah 85 Bidikmisi

Written By Sena on Rabu, 06 Juni 2012 | 14.31


(harsem/dok)


SEMARANG- Pada tahun ini, IAIN Walisongo Semarang hanya mendapatkan jatah beasiswa Bidikmisi untuk 85 mahasiswa saja. Padahal jumlah mahasiswa baru mencapai sekitar 3000 mahasiswa.
Rektor IAIN Walisongo Semarang, Muhibbin M Noor mengatakan, kuota beasiwa untuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pada tahun ini hanya 2.100 mahasiswa. Kouta itu dinilai masih belum memadai, karena jumlah itu harus dibagi dengan 32 PTAIN se Indonesia. “Hanya enam perguruan tinggi yang mendapatkan kuota di atas seratus, sementara yang lainnya masih di bawah standar,” katanya, kemarin.  
Dikatakan, jumlah tersebut sebetulnya kurang, mengingat jumlah PTAIN yang tersebar di Indonesia sangat banyak, jumlah itu belum termasuk perguruan tinggi Islam swasta. “Di IAIN Walisongo saja penerimaan mahasiswa baru sekitar 2000 sampai 3000 mahasiswa, jika beasiswa yang diberikan hanya 2.100 untuk semua PTAIN, buat mahasiswa  di satu perguruan tinggi saja tidak cukup,” lanjutnya.
Sebagai upaya untuk membantu siswa miskin, pihaknya berharap agar jumlah nominal beasiswa bisa dikurangi guna menambah jumlah kuota beasiswa Bidikmisi. “Misalnya per tahun hanya dikasih Rp600 ribu. Sehingga nantinya semakin banyak para siswa kurang mampu yang bisa melanjutkan ke PTAIN,” katanya.
Karena jika seorang mahasiswa peraih Bidikmisi mendapatkan Rp 600 ribu setiap semesternya, maka dalam waktu setahun bisa memperoleh beasiswa Rp 1,2 juta. “Ini terlalu banyak, jadi lebih baik dikurangi saja untuk lebih menambah jumlah mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa bidik misi,” jelasnya.
Terlepas dari masalah tersebut, pihaknya sangat menghargai dan mengucapkan terimakasih atas beasiswa Bidikmisi yang sudah dianggarkan oleh pemerintah kepada mahasiswa miskin ini. “Karena itu berarti pemerintah juga memiliki perhatian yang besar terhadap perguruan tinggi Islam,” tandasnya. (awi/15) 

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger