Home » , » Antikorupsi Tak Sulit Diterapkan

Antikorupsi Tak Sulit Diterapkan

Written By Harian Semarang on Jumat, 15 Oktober 2010 | 09.58

SD Negeri Mangunharjo

BAGI Kepala Sekolah Mangunharjo Kecamatan Tugu Semarang, penanaman sembilan nilai dasar antikorupsi sebagai nilai yang harus diterapkan di dunia pendidikan untuk penanggulangan dan pemberantasan korupsi sejak dini merupakan salah satu solusi efektif untuk pemberantasan budaya korupsi yang sekarang ini merajalela di negara Indonesia.

“Guru dituntut mengajarkan nilai-nilai tersebut kepada anak didik tanpa terkecuali, mengingat pentingnya nilai tersebut,” jelas Kepala SD Negeri Mangunharjo Khoiri kepada Harsem kemarin.

Melihat pengalaman, dirinya yakin guru akan mampu menerapkan kurikulum pendidikan antikorupsi yang sedang dicanangkan. “Sembilan nilai antikorupsi sudah ada di masyarakat, tinggal menerapkannya di sekolah secara optimal,” tambahnya.

Untuk menerapkan pendidikan antikorupsi, Khoiri berencana mencari dan mengiventarisir budaya-budaya masyarakat sekitar, lalu dipilih berdasarkan tingkat efektivitasnya untuk diterapkan di sekolah.

“Pembelajaran nilai-nilai tersebut tidak harus dengan kantin kejujuran, namun bisa dengan bentuk lain yang dekat dengan lingkungan kita,” jelasnya.

Secara garis besar, program pendidikan antikorupsi di dunia pendidikan merupakan program yang bagus. Karena hal itu akan menumbuhkan mental dan sikap arif di kalangan pelajar untuk menghindari dan memberantas korupsi. Namun hal yang lebih penting dalam memberantas korupsi di dunia pendidikan, adalah membersihkan instansi pendidikan dari korupsi. (niam)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger