Home » » MTs Al-Irsyad Gajah

MTs Al-Irsyad Gajah

Written By Harian Semarang on Sabtu, 20 November 2010 | 13.15

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Irsyad Gajah adalah Lembaga Pendidikan Islam formal swasta tingkat menengah pertama di bawah pembinaan Departemen Agama, diselengdarakan oleh Yayasan Al Irsyad Al Mubarok Gajah Kabupaten Demak. Lembaga Pendidikan Islam yang seatap dengan Madrasah Diniyah Awaliyah dan Madrasah Aliyah Al Irsyad Gajah ini berdiri pada tanggal 15 Januari 1978, di prakarsai oleh Tokoh Ulama’ dan masyarakat Gajah, diantaranya:
1. H. Abdul Rohman, Pengusaha
2. H. Soekarno, Pegawai Departemen Agama
3. H. Amir Mahmud, Ulama’
4. H. Abdul Choliq, Pegawai Departemen Agama
5. H. A. Jazeri, Pegawai Pemda Kabupaten Demak
6. H. Abdul Wahid, Pegawai Departemen Agama
7. H. A. Musyafa’, Carik Gajah

Sejak awal berdirinya Madrasah yang saat ini dibawah koordinasi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Kabupaten Demak dipimpin oleh Drs. Abdul Choliq selaku Kepala Madrasah pada tahun 1978-1982 dengan Ketua Pengurus Madrasah H. Abdul Rohman
Kepala Madrasah berikutnya adalah :
H. Amir Mahmud Tahun 1983 - 1986
Kaslan Tahun 1986 - 1989
H. Amir Mahmud Tahun 1989 - 1996
Nur Fauzi, S.Ag Tahun 1996 - 1997
Drs. Sa’dullah Tahun 1997 – 2007
Drs. H. A. Rowi, M.H Tahun 2007 – Januari 2009
Nur Fauzi, S.Ag, M.Pd.I Tahun Januari 2009 – Sekarang

Secara organisatoris, MTs Al Irsyad ini pernah menjadi Filial dari MTs Negeri Mranggen pada tahun 1985 – 1989, yang akhirnya dengan berbagai pertimbangan pada tahun 1989 sampai dengan sekarang tetap berstatus swasta dibawah Yayasan Al Irsyad Al Mubarok Gajah-Demak dan pada tahun 1995 mengikuti akreditasi dengan Status Diakui berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah Nomer: B/WK/5C/PGM/TS/206/1995 Tanggal 26 Oktober 1995.

Adapun secara geografis, MTS Al Irsyad gajah ini tergolong strategis, karena terletak diluar perkampungan, berdekatan dengan Markas Koramil, BRI Unit Gajah, dan Mapolsek Gajah. Berada di lintasan jalan Gajah Dempet, dan mudah di jangkau dari berbagai penjuru desa dan Kecamatan (Karanganyar, Dempet, Wonosalam, Demak, Mijen) sehingga sangat prospektif jika dikelola secara profesional.

Yayasan Pendidikan Islam Al Irsyad Al Mubarok sejak tahun 1993 berubah menjadi Yayasan Al Irsyad Al Mubarok Gajah, artinya ke depan Yayasan ini tidak hanya bergerak di bidang pendidikan, tetapi mengemban ke sektor sosial keagamaan, ekonomi, maupun pondok pesantren.

Adapun kepengurusan Yayasan Al Irsyad Al Mubarok Gajah tahun 1997 sampai sekarang adalah sebagai berikut :

- Pelindung : Kepala Desa Gajah
- Penasehat : Moh Yusuf
- Ketua : DR. H. Abdul Choliq, MT, M.Ag
- Wakil Ketua : A. Djazeri, BA
- Sekretaris : H. Fachrurrozi, S.Pd
- Bendahara : K. H. Amir Mahmud
- Seksi – seksi :
a. Pembangunan : H. Ja’far
b. Pendidikan Humas : Drs. Munjahid

Pada perkembangan selanjutnya, guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di Yayasan ini sebagaimana visi dan misinya terutama berakhlakul karimah dan mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang berhaluan Ahlussunnah Waljama’ah.
Lembaga Pendidikan yang dikelola Yayasan Al Irsyad Gajah meliputi :
a. Madrasah Diniyah Al Irsyad Gajah Demak
b. Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Gajah Demak (Lokasi : Jl. Raya Gajah – Dempet No. 11 Gajah Demak 59581 Telpon : 0291-3314721)
c. Madrasah Aliyah Al Irsyad Gajah Demak
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger