Home » , , » Fisika Bukan Sekadar “Apa Ini Apa Itu”

Fisika Bukan Sekadar “Apa Ini Apa Itu”

Written By Harian Semarang on Jumat, 26 November 2010 | 21.47

PELAJARAN fisika tak boleh berhenti pada “apa ini apa itu”, tetapi harus masuk ke permasalahan mengapa, bagaimana, dan apa implikasinya. Hal itu ditandaskan Prof Nathan Hindarto pada pengukuhan guru besar, kemarin di auditorium kampus Sekaran.

Di hadapan Senat Universitas, civitas akademika, tenaga administrasi, dan tamu undangan lainnya, guru besar dalam bidang fisika modern ini menyampaikan pidato pengukuhan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Fisika Modern.

Setiap pembelajaran di sekolah, menurutnya, dapat menjadi pintu masuk ke pendidikan karakter melalui pengungkapan pesan moral dan keteladanan.

“Sifat konsep dan fenomena fisika modern yang jauh dari pengalaman empiris, menjadikan pembelajaran ini penuh dengan penalaran dan diskusi. Justru melalui diskusi inilah, kita bisa masuk ke dalam pendidikan karakter,” katanya.

Lebih lanjut, Nathan mengungkapkan, terdapat beberapa pesan moral yang bisa didapat dari pembelajaran fisika modern. Pesan moral itu antara lain religiusitas, jujur dan bertanggung jawab, keteladanan, serta terbuka dan demokratis.

Dia, yang mengaku selalu diingatkan oleh ibunya almarhum agar aja dumeh, sabar, dan ingat bahwa sing becik ketitik sing ala ketara itu, juga mengatakan bahwa salah satu pembelajaran fisika adalah memahami, mengagumi kebesaran dan kekuasaan Tuhan melalui keteraturan di alam semesta.

“Namun tak jarang, di sekolah, guru mengatakan bahwa bendabenda jatuh ke bawah karena mengikuti hukum Newton. O, andaikan Newton tidak membuat hukum tentu benda akan jatuh ke mana-mana,” kata dosen Jurusan Fisika FMIPA Unnes ini berseloroh.

Karena itu, lelaki kelahiran Grobogan 13 Juni 1952 ini mengingatkan agar jangan sampai timbul anggapan pada siswa bahwa para fisikawan mengatur alam semesta ini dengan hukumhukumnya. Bahkan beranggapan agama dan sains bertentangan. (nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger