Home » , , , » Unnes dan Polda Sinergi Kembangkan SDM Mahasiswa

Unnes dan Polda Sinergi Kembangkan SDM Mahasiswa

Written By p3joeang45 on Senin, 26 Desember 2011 | 19.00

Kapolda Jateng menabur benik ikan di embung Unnes usai penandatanganan MoU, kemarin.
UNIVERSITAS Negeri Semarang (Unnes) dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menjalin kerjasama untuk program penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa.

“Kerjasama ini sebagai wujud kebersamaan antara Polda dengan Unnes dalam upaya mencerdaskan bangsa, baik di bidang ilmu pengetahuan, keamanan, dan ketertiban masyarakat,” ucap Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo, usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Unnes, kemarin (23/12).

Kerjasama antara kepolisian dan pihak kampus semacam ini, ia katakan, merupakan salah satu bentuk grand strategy yang  dicanangkan Kapolri dalam rangka membangun kemitraan antara Polri dengan mahasiswa. “Ratio anggota Polri dibandingkan jumlah penduduk itu belum berimbang. Idealnya, satu Polri berbanding 400 penduduk, tetapi hingga sekarang satu Polri masih berbanding seribu lebih penduduk. Untuk itu, Polri membangun kemitraan dengan masyarakat, termasuk mahasiswa,” jelasnya.

Kapolda mengakui, mahasiswa merupakan elemen masyarakat yang penting. Jumlahnya tidak banyak, namun sejarah menunjukkan dinamika bangsa ini tidak lepas dari peran mahasiswa.

Sementara, Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, kerjasama dengan Polda Jateng ini bukanlah yang pertama kali bagi Unnes. Dengan Kapolda-kapolda terdahulu Unnes juga telah melakukan hal itu, sehingga ini merupakan tindak lanjut.

Kerjasama Unnes dan Polda Jateng selama ini berupa kegiatan nyata yang sering dilakukan bersama diantaranya, menjaga keamanan bersama dan kebersihan lingkungan. Pada kerjasama kali ini, Unnes dan Polda Jateng sepakat untuk melakukan kegiatan yang akan dilakukan bersama, di antaranya, pendidikan, pelatihan, workshop, penelitian, dan lainnya atas kesepakatan kedua pihak.

“Langkah ini tentunya akan sangat bermanfaat dan bisa memberikan keuntungan berganda bagi masyarakat semarang dan sekitarnya,” tandasnya.

Usai dilakukan penandatanganan antara Unnes dan Polda Jateng, Kapolda Jateng melakukan kegiatan menyebar 5.000 benih ikan Nila dan Guramai di embung Unnes, diteruskan kegiatan penanaman. Pada kesempatan itu, Kapolda menanam pohon Melati, yakni tanaman berbatang tegak merayap dan hidup menahun. Melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan pembuat minyak wangi, kosmetik, farmasi, karangan bunga, campuran teh hingga menjadi obat. (sna/sae)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger