Home » , , » Mahasiswa UNS Akan Siaran di TVKU

Mahasiswa UNS Akan Siaran di TVKU

Written By p3joeang45 on Selasa, 17 Januari 2012 | 09.06

Karyawan TVKU Udinus tengah bekerja di ruang master control
MENINDAKLANJUTI kerjasama Udinus-Universitas Negeri Surakarta, mahasiswa UNS akan segera mengisi siaran di TVKU. Direktur TVKU Lilik Eko Nuryanto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah program acara untuk digarap bersama oleh mahasiswa Jurusan Broadcast Udinus dan Mahasiswa Komunikasi UNS.

“Sejumlah mata acara tengah digodok untuk digarap bersama-sama. Bentuknya nanti bisa news (berita), feature, talkshow, atau film pendek,” jelas Lilik di kantornya kemarin.

Tiga hari lalu, Udinus menandatangani kerjasama dengan(UNS. Penandatangan memorandum of understanding (MoU) dilakukan Rektor Dr Ir Edy Noersasongko dengan Prof Ravik Karsidi.

Salah satu bentuk kerjasama adalah membuat siaran televisi bersama "Kami sudah memiliki siasiun televisi dengan izin komersial. Ini akan menjadi tempat praktik mahasiswa UNS dan sekaligus juga Udinus. Jadi kami garap program bersama yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan lainnya di dua universitas," kata Edy Noersasongko.

Selama ini, Udinus sudah menggandeng Undip untuk membuat program Sang Kandidat yang disponsori KPU (Komisi Pemilihan Umum), dan Young Enterpreneur yang disponsori Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono.

"Dua program dibuat bersama sebagai tindak lanjut kerja sama antara Udinus dengan Undip. Nah, hal yang sama akan lakukan dengan UNS," kata Edy.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi memberi tenggat waktu, pembuatan program TV bersama harus sudah terlaksana paling lambat akhir tahun 2012. Sebab ini sangat penting sebagai langkah awal. " Udinus memiliki keunggulan bidang ICT (information and communication technology), bahkan stasiun televisi komersial. Ini akan menjadi tempat praktik bagi mahasiswa UNS," kata dia.

Di FISIP UNS sendiri sebetulnya sudah diajarkan secara lengkap tentang broadcast televisi. Namun untuk praktek hanya sebatas laboratorium. Karena itulah kerja sama dengan Udinus yang memiliki televisi akan menjadi langkah maju.

Selain pemakaian stasiun televisi, Udinus dan UNS juga merancang program kredit transfer untuk mahasiswa. UNS mempersilakan mahasiswa Udinus mengikuti kuliah di UNS dan kredit yang diambil diakui di Udinus.

Direktur TVKU Lilik mengungkapkan, sebagai televisi komersil, pihaknya harus mendapat keuntungan dari siaran yang dibuat. “Itulah yang mungkin belum pelajari mahasiswa UNS ketika praktik di laboratorium. Agar bisa mendapat untung, standar kerjanya industri. Harus bikin acara yang bagus agar menarik minat penonton, dikerjakan dengan deadline ketat, dan seterusnya. Inilah yang tak ada di laboratorium,” jelasnya.

Meski merupakan televisi komersil, Lilik mengatakan TVKU tidak mengabaikan unsur edukasi. “Jadi siaran kami selain menghibur, harus mengandung unsur edukasi. Beberapa mata acara di antaranya Edunews, Digitech Chanel, 30’ Dialogue, dan Siaran Pendidikan TVE, dan Evening Talks.”

Adapun siaran yang bersifat hiburan, di antaranya Campursari, Lunch Dhut (dangdut), Kolam Susu (lagu nostalgia), dan Semara X-pose. (nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger