Home » , , » Eko Sudinuryanto Rangkul Sule Bikin Game Komputer

Eko Sudinuryanto Rangkul Sule Bikin Game Komputer

Written By p3joeang45 on Senin, 19 Desember 2011 | 19.11

Eko Sudinuryanto
INGIN mahir berbahasa Inggris? Belajarlah pada Sule. Lho, apakah komedian OVJ itu bisa bahasa Inggris? Tapi oleh Eko Sudinuryanto, guru SMP Negeri 2 Demak, Sule dijadikan karakter game pelajaran bahasa Inggris. Atas kreativitasnya, Eko menyabet juara pertama lomba pembuatan bahan ajar mandiri berbasis mulitmedia komputer yang digelar LPMP Jateng, baru-baru ini.

Game berupa tebak-tebakan kosakata dalam bahasa Inggris. Meliputi kosakata yang biasa ditemukan dalam iklan (advertisement), undangan (invitation), dan letter (surat). "Kunci jawaban tak akan muncul sebelum siswa memberi jawaban," jelas alumni UMK Kudus ini.

Bila tebakan siswa salah, akan muncul arti dalam bahasa Indonesia. Game ini, menurut dia, menjadikan menjadikan siswa mudah mengingat kosakata yang juga merupakan unsur penting dalam pelajaran bahasa Inggris.

Adapula menu kuis berupa tampilan potongan gambar  artis. Namun untuk bisa melihat gambar seutuhnya siswa harus terlebih dulu menebak lima pertanyaan di layar monitor. Jika tebakannya tepat, maka mozaik gambar berubah menjadi gambar artis.

Eko sempat menunjukkan ketika pertanyaan terjawab muncul wajah pesepakbola David Beckham, artis Lola Amaria, Nikita Wily, bahkan Andre, Aziz dan Sule yang ngetop di salah satu acara TV nasional.

Disebutkan pengambilan rupa-rupa wajah artis dan olahragawan semata agar siswa lebih tertarik belajar. Mereka juga tak perlu lagi berlama-lama di depan TV, karena bisa menemukan wajah  idolanya ketika belajar bahasa Inggris.

Banyak guru mengapresiasi temuan Eko. Apalagi, game berhasil menyabet juara pertama pembuatan bahan ajar multimedia. Dalam lomba yang diselenggarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng itu, dia menyisihkan 35 peserta.

Kepala Sekolah SMPN 2 Demak, Trisyono menambahkan saat ini pembelajaran tak lagi dibatasi ruangan kelas. Di era global classroom, siswa dituntut belajar menggunakan kecanggihan teknologi informasi. (swi/nji)

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

29 April 2013 pukul 23.14

salut untukmu bro

29 April 2013 pukul 23.16

salut untukmu bro

30 Oktober 2013 pukul 15.37

makasih mas bro

31 Oktober 2013 pukul 11.57

Mantap mas Brow

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger