Home » , , , , , » Program D3 Banyak Diminati

Program D3 Banyak Diminati

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 31 Juli 2012 | 11.06

PANTAU UM: Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi tengah memantau pelaksanaan ujian seleksi masuk melalui jalur Ujian Mandiri (UM) D3, kemarin  di Kampus Tembalang. (HARSEM/JBSM/J9)


SEMARANG- Tidak harus membutuhkan waktu yang lama untuk menempuh perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. Kebijakan yang diusung oleh program D3 tersebut rupanya mengundang banyak peminat. Untuk Undip, Ujian Masuk (UM) D3 diikuti oleh 1.725 peserta.

Jumlah tersebut meliputi 588 untuk IPA, 941 untuk IPS dan 216 peserta IPC. UM D3 Undip dilaksanakan di lingkungan Undip yakni di FSM, FT, FISIP, FIB, FPP dan FEB. 

Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi mengatakan, para peserta yang mengikuti ujian UM D3 ini yaitu mereka yang ingin fokus untuk setelah lulus nanti langsung bisa bekerja dan tidak terlalu lama untuk menyelesaikan kuliahnya.

"Lulusan D3 tidak kalah dengan anak-anak di S1 buktinya dari 17 peserta PIMNAS di Yogya kemarin tiga di antaranya dihasilkan dari anak-anak D3," jelasnya di sela pantauan UM D3. Untuk itu, program D3 ini tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. 

"Di dalam perkuliahannya, anak-anak D3 mendapatkan proporsi praktek 60% sampai 65% sehingga setelah lulus diharapkan mereka mampu bersaing di pasar kerja," ujarnya.

Dijelaskan, D3 merupakan jalur vokasi yaitu nantinya setelah lulus dapat langsung bekerja. "Lulusan diploma sendiri mempunyai keunggulan yakni sebagai tenaga menengah antara low skill dengan sarjana," kata dia.

Pada sebuah perusahaan, para lulusan D3 ini adalah sebagai jembatan penghubung antara manajemen dengan staf sehingga fungsinya sangat menentukan dalam perusahaan. Sementara itu, daya tampung D3 Undip untuk tahun ini berjumlah 2.202 mahasiswa dengan perincian dari jalur PSSB berjumlah 925  dan UM D3 sejumlah 1.227. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger