Home » , , , » SMPN 2 Gelar Doa Bersama

SMPN 2 Gelar Doa Bersama

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 31 Juli 2012 | 11.01

DOA BERSAMA: Orang tua siswa mengikuti acara doa bersama tahun ajaran baru di aula SMPN 2 Ungaran. (HARSEM/NINO ADISUMARTO)

 
UNGARAN-Mengawali tahun ajaran baru 2012 sekaligus menghormati kesucian bulan Ramadan, SMPN 2 Ungaran menggelar acara doa bersama dan sosialisasi nilai dengan orangtua siswa kelas 7, kemarin. 

Dalam acara yang diikuti sebanyak 300 orangtua siswa, pihak sekolah sengaja membagi dalam dua ruang bagi yang beragama Islam dan Nasrani. Acara dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 2 Ungaran, M Talkis dan dihadiri Kepala Tendik Dinas Pendidikan, Adi Prasetyo dan Ketua Dewan Pendidikan, Zainal Abidin.

Menurut Talkis, kegiatan doa bersama tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dalam mengawali tahun ajaran baru. "Kegiatan ini dikhususkan untuk orangtua siswa kelas 7, agar proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMPN 2 Ungaran berjalan lancar dan mampu meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa baru," ungkap Talkis.

Terkait sosialisasi nilai, Talkis mengatakan, bahwa hal itu perlu dipahami oleh para orangtua siswa. Pasalnya, sistem penilaian hasil belajar saat ini tidak lagi menerapkan angka merah. Namun menggunakan kriteria nilai ketuntasan setiap mata pelajaran. 

"Ini yang harus dipahami oleh para orangtua siswa, agar mereka tidak serta merta puas bila melihat nilai rapor anaknya tidak ada angka merah. Sebaiknya mereka harus mencermati nilai ketuntasannya, karena sekolah tidak lagi menggunakan angka merah," kata Talkis.

"Dan kegiatan ini sekaligus menjadi sosialisasi hak dan kewajiban antara pihak sekolah dan orangtua siswa," imbuh dia. Maryadi (46) salah satu orangtua siswa kelas 7 mengaku senang dengan adanya kegiatan doa bersama yang digelar oleh pihak sekolah. Menurutnya, kegiatan tersebut berfungsi membangun kedekatan antara orangtua dan pengelola sekolah.

Dengan demikian fungsi kontrol terhadap hasil belajar para siswa dapat dikomunikasikan secara baik antara pihak sekolah dan orangtua. "Ini penting karena pihak sekolah sudah berupaya membangun kesepahaman dengan orangtua siswa. Dan diharapkan akan memberi efek positif bagi proses belajar," katanya.

Ketua Dewan Pendidikan, Zainal Abidin menambahkan, pihaknya mem-back up penuh kegiatan doa bersama yang dilakukan SMPN 2 Ungaran. Pasalnya, kegiatan ini sangat positif menunjang proses KBM dan peningkatan mutu siswa. 

"Hasil dari kegiatan ini bisa kita lihat dan rasakan, dimana siswa baru SMPN 2 Ungaran yang selama ini sering dikategorikan lemparan dari sekolah lain yang dinilai lebih bermutu, tapi output siswa lulusan SMPN 2 ini jauh lebih baik dibanding sekolah lain," tegas dia. (ino/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger