Home » , , , » PPD SMKN 9, Akuntansi Paling Diminati

PPD SMKN 9, Akuntansi Paling Diminati

Written By amoy ya annisaa on Senin, 09 Juli 2012 | 14.19

PPD: Para peserta PPD di SMKN 9 Semarang bersama orang tua masing-masing mengikuti tahap verifikasi. (HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI)


SEMARANG- Kejadian salah memasukkan nilai mewarnai pelaksanaan PPD (Penerimaan Peserta Didik) di SMKN 9 Semarang. 

Ketua panitia pelaksanaan PPD, Tini Martini mengatakan, sejumlah peserta salah memasukkan nilai pada pendaftaran online yang dilakukan. “Mestinya yang dimasukkan adalah NEM, tapi yang dimasukkan malah nilai sekolah,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Namun demikian, hal tersebut bukan merupakan kesalahan fatal. “Nggal fatal selama kesalahan tersebut segera diketahui, tapi kalau tidak cepat diketahui ya bisa fatal,” kata dia.

Untuk orang tua yang salah memasukkan nilai, lantas diminta untuk mendatangi sekolah. “Nanti akan diedit dan dimasukkan sesuai dengan nilai sekolah yang ada, tapi ya berarti harus melakukan registrasi online lagi,” jelasnya.

Sejauh ini, kesalahan seperti itu tidak sampai berjumlah banyak. “Hanya beberapa saja, karena mungkin orang tua atau peserta sendiri belum berpengalaman,” jelasnya. 

Sementara itu, hingga hari ketiga tahap verifikasi dan hari keempat pendaftaran online tersebut tidak ada kendala yang berarti. “Ada beberapa tes yang harus diikuti oleh para siswa, dan semua sejauh ini berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Beberapa tahapan tersebut di antaranya, setelah mendaftar online, ada tahap tes kesehatan, verifikasi manual dan online, kartu pendaftar setelah itu akan mengikuti tes wawancara. 

“Selanjutnya untuk tanggal 7 Juli mendatang, para peserta PPD akan mengikuti tes tertulis. Sedangkan untuk tes wawancara ini diikuti oleh calon siswa dan orang tua masing-masing, pertanyaannya salah satunya adalah seputar motivasi,” jelasnya.

Untuk jurusan yang difavoritkan para siswa yakni Akuntansi. “Mungkin karena lapangan kerja dari jurusan ini lebih luas, sehingga lebih banyak pilihan bagi mereka untuk memasuki lapangan kerja nanti,” ujarnya.

Sejauh ini, ada sekitar 700 siswa yang sudah mendaftar. “Kalau untuk kuota kami ada 359 siswa baru dari empat jurusan yang ada,” tambahnya. Untuk jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran serta Pemasaran akan menerima 108 siswa untuk tiga rombongan belajar (rombel), sedangkan untuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) akan menerima 36 siswa baru untuk 1 rombel.

Sementara itu di SMK N 8 Semarang, Jurusan Multimedia paling diminati oleh pendaftar. Berdasarkan data yang dipantau melalui ppd.disdik-kotasmg.org hingga kemarin sudah ada sebanyak 521 pendaftar padahal daya tampung 107 siswa.

“Tahun ini jurusan yang paling diminati Multimedia, padahal tahun kemarin Teknik Komputer dan Jaringan,” ungkap Ketua PPD SMK N 8 Ibnu, kemarin. Dikatakan, peminat terendah ada pada Jurusan Pekerja Sosial. Padahal jurusan tersebut langka, di Jateng hanya ada dua, di Semarang dan di Solo.

“Pendaftar yang kesini biasanya menghindar Jurusan Pekerja Sosial, padahal realitanya banyak dibutuhkan. Tahun ini peminat cukup tinggi meskipun masih terendah di jurusan lainnya,” pungkasnya. (awi/wam/15)

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

29 Mei 2016 17.24

ppd jadwalnya kok enggak keluar

19 Juni 2016 16.42

Mohon maaf ya,kalau daftar di SMK N 9 Semarang besok Senin masih bisa nggak? ini saya terlambat mendaftar, saya sangat ingin masuk ke SMK N 9 SMG pada jurusan ADM.Perkantoran

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger