Home » , , , , , » PGSD, Prodi Favorit di Unnes

PGSD, Prodi Favorit di Unnes

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 31 Juli 2012 | 11.08

PANTAU SPMU: Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo melakukan pantauan pelaksanaan ujian seleksi penerimaan mahasiswa Unnes (SPMU), Sabtu (28/7). (HARSEM/JBSM/ANGGUN PUSPITA)


SEMARANG- Tingkat keketatan persaingan peserta yang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU), Sabtu-Minggu (28-29/7), untuk program studi kependidikan terbilang cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang memperebutkan kursi di prodi tersebut.

Kondisi itu terlihat dari jumlah pendaftar prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang mencapai 1.083 orang, sedangkan daya tampung hanya 120 kursi. Kemudian, prodi Pendidikan Matematika dari daya tampung 40 kursi diperebutkan 608 peserta. Begitupun dengan prodi kependidikan lainnya.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di sela-sela pantauan ujian tersebut mengatakan, beberapa program studi memang menjadi favorit karena banyak jumlah pendaftarnya. Sehingga tingkat keketatan persaingannya besar, terutama pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan.

"Adapun selain prodi kependidikan, untuk prodi lain yang jumlah pesertanya tinggi yakni Akuntansi dan Manajemen di Fakultas Ekonomi. Tingkat ketetatan persaingan masuk program studi favorit tersebut rata-rata 1:20, artinya satu pendaftar harus bersaingan dengan 20 orang. Sedangkan, program-program studi lainnya ketetatan persaingannya sekitar 1:5,'' jelasnya.

Tes SPMU yang dilaksanakan selama dua hari itu, dimana hari pertama untuk ujian tes potensi akademik, dan hari kedua untuk tes keterampilan bagi prodi tertentu tersebut diikuti oleh 8.298 peserta. Mereka akan memperebutkan 1.879 kursi yang tersebar di 36 jurusan atau 80 program studi melalui jalur mandiri Unnes itu.

Sudijono menyampaikan, peserta SPMU ini tidak hanya didominasi pendaftar dari wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, tetapi dari berbagai daerah di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, dan Jakarta. Sedangkan pelaksanaan tes terbagi di beberapa titik lokasi, yakni kampus Unnes Sekaran Gunungpati, Sekolah Teuku Umar, dan SMP 13 Semarang.

''Pengumuman hasil SPMU akan dilakukan pada 3 Agustus 2012. Karena itu, kami harus bekerja keras karena hanya ada waktu seminggu untuk melakukan penilaian. Memang relatif singkat sehingga kami harus bekerja cepat," katanya.

Sementara itu, salah satu peserta SPMU, Mutiarani mengaku, sangat berharap dapat diterima di salah satu prodi pilihannya. Alumni SMK 2 Semarang yang juga peraih nilai tertinggi UN 2012 itu memilih jurusan Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi pada ujian tersebut.

''Karena ingin menjadi guru saya berharap dapat diterima di Pendidikan Akuntansi, tapi apapun hasilnya nanti tetap saya terima. Sebab, saingannya juga banyak,'' katanya yang juga mendaftar beasiswa Bidikmisi itu. (K3/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger