Home » , » Bikin animasi? Nggak Sulit Tuh

Bikin animasi? Nggak Sulit Tuh

Written By p3joeang45 on Rabu, 01 Februari 2012 | 09.56

Para siswa antusias mengikuti pelatihan pembuatan website dengan mentor dari DNCC Udinus
SIAPA bilang kalau bikin website dan animasi itu sulit. Hal itu dibuktikan sekumpulan mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) saat memberikan pelatihan komputer kepada puluhan siswa SMAN 11 Semarang, kemarin. Pada kegiatan pelatihan tersebut, mahasiswa Udinus memberikan pelatihan mengenai cara membuat website dan animasi dengan mudah.

Salah satu mahasiswa yang terlibat, Norma Isnawan mengatakan, pelatihan dikhususkan untuk para siswa SMA. “Tapi kalaupun ada guru yang tertarik dan ingin ikut kami persilakan,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di sela kegiatan yang diadakan di laboratorium komputer SMAN 11.

Dikatakan, tidak hanya membuta website, namun para siswa juga diajarkan untuk membuat animasi dengan menggunakan komputer. “Selama ini kan kebanyakan pelajar kalau akan presentasi menggunakan Power Point. Sekarang kami kenalkan, bahwa mereka juga bisa menggunakan gambar-gambar animasi,” papar mahasiswa program S1 Sistem Informasi ini.

Dijelaskan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membagikan ilmu yang mereka dapat dari kampus. “Kebetulan kami tergabung dalam DNCC (Dian Nuswantoro Computer Club) setiap tahunnya selalu mengadakan kegiatan DNCC The Explorer, acaranya ya seperti ini,” kata dia.

Selain membagikan ilmu secara cuma-cuma, kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang promosi. “Sebagai promosi juga, jadi kami ada beberapa tim yang tersebar di sejumlah sekolah yang sudah kami tentukan sebelumnya,” kata dia.

Tidak hanya di Kota Semarang, namun ada juga sekolah dari daerah lain yang tak ketinggalan untuk bisa mencicipi pelatihan ini. “Kalau di Semarang, selain di SMAN 11 tahun ini kami datang ke SMA Ksatrian 02 dan SMAN 2. Sementara untuk yang di luar kami juga datang ke beberapa sekolah di Kabupaten Kendal, di antaranya di MAN Kendal dan SMAN 1 Cepiring,” paparnya.

Karena waktu pelaksanaan hanya dua hari, untuk itu tak banyak sekolah yang bisa dikunjungi. “Untuk itu, kami berusaha agar setiap tahunnya bsia mengunjungi sekolah yang berbeda, supaya bisa merata. Ini merupakan tahun ketiga kami mengadakan kegiatan ini,” kata dia.

Sementara itu, pihak SMAN 11 yang diwakili oleh guru TIK (Teknologi Informasi dan Komputer), M Noor Wachid Affandi menyambut baik kedatangan dari tim Undinus ini. “Karena memang banyak siswa yang kami yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia komputer,” jelasnya.

Selain itu, setiap tahunnya, untuk siswa yang lolos di PTN, mereka memilih untuk mengambil jurusan sistem informasi di PTS. “Kegiatan ini saja sebetulnya banyak yang ingin ikut, namun karena keterbatasan kuota, akhirnya hanya 36 siswa yang bisa ikut,” kata dia. (nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger