Home » , » Ajarkan Komputer di Semua Kelas

Ajarkan Komputer di Semua Kelas

Written By Harian Semarang on Jumat, 15 Oktober 2010 | 09.26

SD Negeri Wonolopo 1

HARUS sabar dan telaten. Itulah yang harus terus dikedepankan Febiristiani dalam menjalankan tugas sebagai pengajar pendidikan komputer di SD Negeri Wonolopo 1. Pasalnya, selama seminggu penuh dirinya harus mengajarkan komputer kepada semua siswa dari kelas I hingga kelas VI di sekolah yang berada di Kecamatan Mijen tersebut.

Kesabaran dan ketelatenan itu sangat terlihat saat ia mengajarkan pendidikan komputer untuk siswa kelas III pada Kamis, (14/10) kemarin. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di ruang komputer tersebut dirinya terlihat harus pontangpanting karena hampir seluruh anak didiknya meminta dirinya mengajari.

“Ya beginilah keadaan hampir setiap harinya. Belum selesai menjelaskan pada satu murid, murid-murid lain sudah berteriak minta diajari atau dikoreksi. Maklum namanya juga anakanak” jelasnya.

Dirinya juga dituntut harus lebih bersabar ketika menghadapi anak yang manja. Seperti yang sempat terjadi ketika Harsem bertandang ke kelasnya kemarin. Di tengah kegiatan belajar-mengajar sehabis jam sekolah itu kegaduhan juga sempat terjadi.

Seorang siswa menangis gara-gara tidak mau mempelajari materi yang dia berikan, dan merengek minta dibukakan aplikasi game yang ada dalam komputer.

Namun berkat ketelatenannya mengajar akhirnya anak tersebut pun bersedia mengikuti materi
yang ia ajarkan, yakni mempelajari aplikasi Wordstar.

Dalam pembelajaran komputer ini, Febiristianti menjelaskan setiap siswa mendapat materi pembelajaran yang berbeda.

Misal untuk siswa kelas I hingga II, materi yang diberikan adalah menggambar dengan memakai aplikasi Paint. Kemudian siswa kelas III hingga kelas V, materi adalah Wordstar. Sedangkan bagi siswa kelas VI, mereka diajarkan pengoperasionalan aplikasi Microsoft Exel.

Menurut Sunari salah satu guru yang dituakan di sekolah, pembelajaran komputer di semua kelas yang diterapkan SD Negeri Wonolopo 1 ini merupakan salah satu program yang sudah dijalankan sejak dua tahun lalu. Tujuannya mengenalkan dan meningkatkan pengetahuan serta keilmuan siswa dalam penguasaan teknologi sejak dini.

Pembelajarannya dilakukan setelah jam sekolah selesai. Program ini berhasil terwujud berkat kerjasama yang dilakukan sekolah dengan sebuah lembaga pendidikan komputer.

Dengan menarik iuran sebesar Rp 10 ribu setiap siswa, lembaga pendidikan komputer yang digandeng bersedia memberikan fasilitas 10 unit komputer untuk pembelajaran di sekolah, sekaligus tenaga pengajarnya.

“Hal ini ditempuh karena sekolah tidak mempunyai sarana sendiri. Jumlah iuran yang harus dikeluarkan siswa relatif murah dibanding jika kursus sendiri di luar,” jelas Sunari. (niam)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger