Home » , , , » Beasiswa Bidik Misi Unnes Tambah Kuota 1.000 Kursi

Beasiswa Bidik Misi Unnes Tambah Kuota 1.000 Kursi

Written By Arind on Kamis, 18 Agustus 2011 | 10.49

HARSEM/PANJI JOKO SATRIO
Rektor Sudijono Sastroatmodjo memakaikan topi kepada mahasiswa baru pada upacara penerimaan, kemarin.

Oleh Panji Joko Satrio
Unnes memperoleh tambahan kuota Beasiswa Bidik Misi sebanyak 1.000 kursi. Total kuota tahun ini menjadi 1.450 mahasiswa baru.

KEPASTIAN penambahan kuota diungkap Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo pada Upacara Hari Kemerdekaan RI sekaligus penerimaan mahasiswa baru di Lapangan Fakultas Keolahragaan (FIK) Kampus Sekaran, kemarin.
“Hanya dua perguruan tinggi yang memperoleh tambahan kuota sebanyak itu, yakni UGM dan Unnes,” ungkap Sudijono.
Tahun ini Unnes sudah menjaring 450 mahasiswa baru penerima Beasiswa Bidik Misi. Selain itu terdapat 399 mahasiswa baru berstatus cadangan penerima beasiswa. “Untuk mengakomodasinya, kami minta penambahan kuota kepada Kemdiknas,” jelasnya.
Dengan penambahan kuota, yang sebelumnya berstatus cadangan otomatis mendapat beasiswa. Untuk menyerap tambahan kuota, Unnes akan membuka penjaringan bagi mahasiswa dari kalangan tidak mampu. Pendaftaran dibuka mulai 22 Agustus.
Penerima beasiswa akan dibebaskan dari biaya kuliah selama 8 semester serta memperoleh uang saku bulanan. “Yang sudah terlanjur membayar SPP dan lain-lain, nanti akan dikembalikan,” jelasnya.
Sudijono juga menjelaskan berdasarkan PP No 66 Tahun 2010, setiap perguruan tinggi wajib mengakomodasi 20% mahasiswa miskin. Saat ini Unnes sudah hampir memenuhi amanat tersebut. “Sekitar 19 persen koma sekian. Jadi memang belum genap 20% dan itu akan terus kami upayakan,” jelasnya.
Tahun ini Unnes menerima 8.146 mahasiswa baru. Terdiri atas 7.362 mahasiswa D3/S1, 896 mahasiswa S2, dan 75 mahasiswa S3. “Jumlah ini yang terbesar sejak Unnes atau IKIP Semarang berdiri tahun 1961,” jelasnya.
Pada upacara tersebut, secara simbolis rektor memakaikan jaket almamater dan topi. Juga penyerahan bibit pohon identitas fakultas. Untuk Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) pohon kemuning, FBS pohon kenanga, FIS pohon cempaka mulyo, FMIPA pohon melati puspa, FT gaharu, FIK kayu manis, FE kamboja kuning, FH cendana, dan PPs kayu putih

Agenda Mahasiswa Baru
Agenda kegiatan bagi mahasiswa baru adalah Program Pengenalan Akademik (PPA) selama tiga hari mulai hari ini. Dilanjutkan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) bagi mahasiswa kependidikan (21-22/8), dilanjutkan kuliah perdana pada 12-9.
Juga akan diadakan Unnes Fair (1-2/10) dan studium general pada 12 Oktober.
Kepala UPT Pusat Humas dan Protokoler Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengatakan kegiatan PPA bersifat terbuka dan transparan. “Kegiatan boleh diliput, difoto, dan dipublikasikan. Ini merupakan bentuk akuntabilitas publik,” jelasnya.
Ketua PPA Suhadi menjamin tidak ada perploncoan dalam kegiatan ini. “Semua murni akademik,” jelasnya.

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger