Home » , , » Syukri, Sulit Bersaing dengan SD Negeri

Syukri, Sulit Bersaing dengan SD Negeri

Written By Sena on Senin, 02 Juli 2012 | 14.42


(harsem/dok)


SEMARANG- Sekolah gratis bagi sekolah dasar, bukan merupakan berita baik bagi sejumlah sekolah swasta yang ditujukan untuk keluarga menengah. Demikian juga yang dialami oleh SD Muhammadiyah 6. Kepala sekolah, Syukri mengatakan, kondisi tersebut merupakan tantangan tersendiri baginya.

“Tidak mudah memang memimpin dalam keadaan seperti ini, tapi buat saya ini tantangan untuk bisa melakukan hal yang lebih baik lagi,” jelas pria kelahiran Salatiga, 9 September 1953 ini.
Salah satu yang dilakukannya yaitu memperkuat dari sisi keagamaan para siswa. “Setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis sebelum mulai KBM kami selalu melakukan sholat dhuha, setelah itu akan ada apel pagi. Di situ para siswa berlatih membaca surat-surat pendek dan doa-doa pendek dalam Alquran,” urainya.
Untuk bersaing dalam hal mutu, dengan sekolah umum, hal tersebut bukan tidak mungkin dilakukan. “Tapi mustahil, karena sekolah negeri kan dilengkapi dengan sarana dan prasarana,” kata dia.
Apalagi kondisi siswa yang berbeda juga dengan sekolah negeri. “Letak sekolah kami ini dengan dengan sekolah negeri favorit, di antaranya SDN Sompok dan SDN Jomblang 1. Setiap tahun mereka selalu menolak siswa, karena pendaftar terlalu banyak,” jelasnya.
Otomatis, siswa yang tidak diterima akan lari ke sekolah swasta. “Jadi siswa yang masuk di sekolah negeri kan sebelumnya terseleksi, sedangkan kami tidak,” kata dia. Sementara itu, mengenai karirnya, dirinya mulai menjadi kepala sekolah di SD Muhammadiyah 6 sejak 11 tahun lalu. “Sebelumnya saya menjadi guru di SMP Muhammadiyah di Pudak Payung sana, saya ngajar PAI,” jelasnya.
Di SD Muhammadiyah 6 ini, dirinya juga masih mendapatkan tugas mengajar. “Saya juga ngajar PAI di sini,” jelasnya. Menjadi guru merupakan suatu kesenangan tersendiri baginya. “Saya senang menjadi guru, karena bisa menyampaikan ilmu ke anak-anak,” tandas ayah tiga anak dan kakek tiga cucu ini. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger