Home » , , , » Jadi Penengah Konflik Timur Tengah Unwahas Terima 23 Mahasiswa Afganistan

Jadi Penengah Konflik Timur Tengah Unwahas Terima 23 Mahasiswa Afganistan

Written By nur rochkimatul on Senin, 28 Oktober 2013 | 11.41

Rektor Unwahas Semarang Dr Noor Achmad bersama jajaran dan PBNU menerima mahasiswa Afganistan untuk kuliah di universitas tersebut.
SEMARANG-Berupaya sebagai penengah konflik di Timur Tengah, Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menerima mahasiswa dari Afganistan, Sabtu (26/10). Sebanyak 23 mahasiswa asal negara tersebut akan mengenyam pendidikan dengan beasiswa penuh dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).
   
Rektor Unwahas Dr Noor Achmad mengatakan, program beasiswa bebas biaya kuliah yang diberikan kepada mahasiswa Afganistan itu merupakan kerja sama NU dengan Pemerintah Afganistan. Tujuannya NU mencoba sebagai penengah konflik disana dan menggandeng Unwahas untuk memfasilitasi mahasiswa tersebut.
   
 ''Beasiswa ini adalah wujud realisasi kerja sama itu. Para mahasiswa Afganistan tersebut memang belum kuliah dan akan difasilitasi Unwahas untuk belajar di jenjang S-1,'' ungkapnya usai menerima para mahasiswa Afganistan di kampus Unwahas Menoreh.
   
 Sebanyak 23 mahasiswa telah diseleksi oleh pihak universitas dan ditempatkan di program studi sesuai pilihan mereka. Adapun mereka akan kuliah di sejumlah prodi seperti, Hukum, Hubungan Internasional, Farmasi, Ilmu Politik, Ekonomi, dan sebagainya. Sedangkan terkait tempat tinggal, para mahasiswa Afganistan akan menempati asrama atau pondok pesantren Unwahas.
    
Pada kesempatan penerimaan mahasiswa program beasiswa PBNU itu juga hadir Wakil Ketua PBNU Pusat KH Dr As'ad Said Ali, Penanggung jawab Beasiswa PBNU KH Mashuri Malik, Ketua Yayasan Unwahas H Suwanto, dan jajaran pimpinan Unwahas lainnya.
    
Penanggung jawab Beasiswa PBNU, KH Mashuri Malik menyampaikan, beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Afganistan tersebut berasal dari penghimpunan dana umat NU.
    
''Kami yakin beasiswa ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Afganistan. Kami juga percaya bahwa mereka bisa beradaptasi dan belajar di Unwahas, sebab disini juga merupakan lingkungan pesantren. Sehingga paling tidak setelah mengenyam ilmu dan lulus dari Unwahas mereka bisa benar-benar menerapkan di negaranya,'' katanya.
    
Terkait penerimaan mahasiswa asing, sebelumnya Unwahas di tahun akademik 2013/2014 ini menerima 48 mahasiswa dari Thailand untuk studi di universitas tersebut. (K3/SMNetwork/njs)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger