Home » » Kinerja Komite Pengaruhi Prestasi Sekolah

Kinerja Komite Pengaruhi Prestasi Sekolah

Written By Harian Semarang on Jumat, 15 Oktober 2010 | 09.11

KINERJA komite sekolah merupakan salah satu faktor penentu pretasi sekolah. Kepala SMAN 15 Semarang S Panca Mulyadi menjelaskan pihaknya banyak dibantu komite sekolah dalam mengembangkan prestasi sekolah.

“Karena banyak ekstrakurikuler yang membutuhkan dana untuk operasional. Kami banyak dibantu komite sekolah dalam meningkatkan prestasi ekstrakurikuler,” paparnya ketika ditemui di ruang kerjanya di Jalan Kedungmundu Raya 34.

Senada, Kepala SMP Negeri 8 Semarang Djoko Suprayitno, menjelaskan pihaknya banyak dibantu komite sekolah dalam meningkatkan mutu dan prestasi sekolah.

“Kami sering meminta bantuan komite sekolah untuk ikut mensosialisasikan program sekolah kepada orangtua murid,” katanya.

Bahkan, kerapkali komite sekolah bersedia membantu permasalahan dana yang dihadapi sekolah. “Salah satu contohnya dalam pelaksanaan ulangan terprogram. Ada sejumlah siswa yang nilainya kurang memenuhi standar. Akhirnya kami mewajibkan untuk mengikuti ulangan
terprogram,” jelasnya.

“Untuk menjalankan program kami butuh biaya. Oleh karena itu komite sekolah membantu biaya operasional. Juga ketika guru memberikan jam tambahan di luar kurikulum yang memang
itu merupakan program khusus,” urainya di ruang kerjanya di Jalan Cinde Raya 18.

Tanpa dukungan orangtua, sekolah tak akan berjalan dengan baik. Hal itu diungkapkan Kepala SD Negeri Gayamsari 02,05 M Yahmin. Dikatakan, setiap sekolah mengeluarkan kebijakan dan program baru terkait siswa, maka sekolah selalu mendiskusikan dengan orangtua murid. “Kami tidak dapat lepas dari dukungan dan motivasi orangtua murid,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, komunikasi sering dilakukan sekolah dengan orangtua murid. “Kami sering mengundang orangtua siswa, tujuannya mendiskusikan program sekolah atau kesulitan-kesulitan yang dialami. Dari dialog muncul kesepakatankesepakatan yang memang dibentuk orangtua murid dengan sekolah,” paparnya.

Salah satu yang sering didiskusikan adalah prestasi siswa. “Kalau ada siswa yang tertinggal prestasi belajarnya, kami mengajak orangtua untuk berdiskusi. Dari sini akan muncul komitmen orangtua, misalnya memberi bimbingan belajar di luar jam sekolah,” urainya.

Juga banyak siswa yang mendapat gelar juara dari sejumlah perlombaan yang diikuti. “Itu merupakan salah satu buah dukungan serta motivasi orangtua siswa. Salah satunya dengan berhasilnya siswa menjadi juara lomba mata pelajaran IPA serta Matematika,” jelasnya.

Sekolah yang pada tahun lalu menduduki rangking 7 tingkat kota ini juga memiliki prestasi di luar bidang akademis. “Ada salah satu siswa kami yang mengikuti kejuaraan tingkat nasional,” imbuhnya.

Kepala SD Negeri Lamper Tengah 02 Sri Watmanti mengakui untuk mencetak siswa berprestas tak lepas dari dukungan orangtua. “Kami banyak memiliki siswa dengan latar belakang ekonomi
menengah ke bawah. Itu merupakan tugas besar kami untuk terus memotivasi agar anak berprestasi,” kata dia.

Pihaknya telah banyak melibatkan orangtua siswa dalam program peningkatan prestasi siswa. “Kami kerap mengundang orangtua siswa untuk berdiskusi mengenai prestasi siswa di sekolah,” tutupnya. (aris)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger