Home » » Pembelajaran Model Sentra

Pembelajaran Model Sentra

Written By Harian Semarang on Sabtu, 27 November 2010 | 02.22

Oleh: Eni Anton Siswartoro

SALAH satu pendidikan dasar anak sebelum secara formal menempuh pendidikan sekolah dasar adalah taman kanak-kanak. Baik yang di bawah naungan pembinaan Dinas Pendidikan berupa taman kanak-kanak maupun di bawah naungan Kementerian Agama berupa rodhatul athfal (RA) dan miftahul huda (MH).

Di mana dalam perkembangannya TK/RA/MH menjamur di setiap wilayah. Jadi tak heran di kelurahan ada dua atau lebih TK/ RA/MH.

Yang menjadi persoalan sekarang adalah populasinya yang berlebih. Sampai banyak yang kekurangan murid. Ini merupakan tantangan pengelola, kepala sekolah dan para guru untuk bersama-sama mewujudkan TK/RA yang menjadi favorit orangtua murid untuk menyekolahkan anaknya.

Salah satu program yang sedang dikembangkan adalah sistem pendidikan sentra. D imana dalam pembelajarannya murid-murid dibagi menjadi beberapa kegiatan. Yakni kesenian yang dibagi menjadi seni lukis, seni tari, dan seni rupa. Juga ada sentra kesehatan, perpustakaan baca, ketrampilan, agama, APE, pendidikan umum dan berbagai macam sentra atau kegiatan yang bisa dikembangkan pengelola.

Namun kelemahan dalam program ini adalah perlunya ruangan yang cukup banyak karena harus dibagi per sentra atau kegiatan. Juga membutuhkan tenaga pengajar yang cukup banyak. Tetapi hal ini tidak mutlak karena hal tersebut dapat disiasati dengan mengoptimalkan ruangan dan guru yang ada. sehingga setelah berkembang dapat menambah ruangan dan pengajar.

Dalam program sentra ini anak-anak diharapkan tidak hanya fokus pada pelajaran umum. Tetapi juga berkembang daya pikir, nalar dan kreativitas. Sehingga anak-anak tidak takut mengemukakan pendapatnya untuk melakukan suatu tindakan.

Karena selama ini sistem yang digunakan lebih banyak searah sehingga anak dibiasakan menerima apa yang diberikan oleh guru. ***

(Penulis adalah Ketua DP Ranting GOPTKI Kecamatan Semarang)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger