Home » » Indahnya Makna Sahabat

Indahnya Makna Sahabat

Written By Harian Semarang on Sabtu, 04 Desember 2010 | 07.37

MUNGKIN tak satu orang pun bisa menyebutkan jawaban, ketika ada pertanyaan ditujukan “Siapa yang bisa hidup tanpa sahabat?”

Ya, tak ada satu orang pun yang sanggup hidup tanpa orang lain. Namun tak semua orang di sekitar kita bisa disebut sahabat. Hanya beberapa orang yang bisa mendapat sebutan sebagai sahabat. Yang pasti mereka adalah orang-orang yang istimewa dan berarti.

Apa sebenarnya definisi sahabat? Dia adalah seseorang yang mengenal kita secara mendalam, yang bisa menjadi tempat mencurahkan isi hati tanpa ragu. Biasanya orang ini telah kita kenal dalam kurun waktu lama.

Seorang sahabat juga merupakan sosok yang bisa mengendalikan kita dari perbuatan yang tak seharusnya. Dia bisa menjadi semacam alarm yang siap mengingatkan kita kapan saja dan memberi masukan tanpa takut kita tersinggung.

Begituxpun sebaliknya, kita harus berlaku sama terhadap sahabat kita. Kita harus siap mendengarkan kapan pun dia ingin bicara. Kita juga harus siap ketika harus menjadi orang pertama yang diandalkan ketika sahabat kita itu membutuhkan pertolongan. Tak boleh mudah tersinggung dan bersedia memahami adalah syarat jika kita ingin menjadi sahabat yang baik.

Sepasang sahabat biasanya memiliki hubungan yang bahkan terkadang bisa lebih dekat dari keluarga yang memiliki hubungan darah. Seseorang bisa lebih sangat terbuka pada sahabatnya, dibanding dengan saudara kandung dan keluarga yang lain. Sebelum akhirnya menjadi sepasang sahabat, biasanya mereka telah memiliki kesan tertentu yang sama-sama mendalam dan membuat satu sama lain percaya bahwa mereka bisa saling mengandalkan.

Sahabat biasanya memiliki status yang lebih istimewa dari sekedar teman atau bahkan pasangan. Karena sahabat ini tak akan pernah tergantikan dan tak akan pernah dapat diputus, kecuali oleh masalah yang terlalu besar. Walaupun jika itu terjadi, biasanya sepasang sahabat bisa saling memaafkan karena memang telah saling mengenal karakter satu sama lain.

Ada ungkapan yang mengatakan, tak ada sekolah sebaik apapun yang mengajarkan tentang persahabatan. Tetapi jika seseorang yang tidak mau belajar tentang persahabatan, maka dia tidak akan menjadi apa-apa dalam hidupnya.

Maka, milikilah sahabat. Perlakukan mereka dengan baik, mengertilah mereka seperti kamu mengerti tentang dirimu sendiri. Tapi berhati-hatilah dengan seseorang yang ingin kamu jadikan sahabat. Yakinlah dulu bahwa dia merupakan pribadi yang baik dan bisa diandalkan. Serta bisa membawa diri kita menjadi manusia yang lebih baik.

Kita juga jangan mudah tersinggung dan marah ketika sahabat kita memberi masukan dan nasihat. Karena bisa jadi itu adalah hal yang terbaik bagi kita. Tetaplah bersahabat, karena berawal dari menghargai seorang sahabat,maka kita bisa menghargai orang lain dan mewujudkan perdamaian di lingkungan kita. (awi/nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger