Home » , , » Semua Kegiatan Bebas Biaya

Semua Kegiatan Bebas Biaya

Written By Harian Semarang on Kamis, 16 Desember 2010 | 09.56

SEMUA kegiatan yang di SDN Tlogosari Kulon 03 bebas biaya. Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah Wakidjo saat ditemui di ruang kerjanya. Dia mengatakan, pelatihan komputer juga digratiskan. Padahal di sekolah lain, orangtua harus membayar kepada lembaga pelatihan komputer. Namun di sekolah ini, semua ditanggung sekolah.

“Kami memanfaatkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Oleh karena itu orangtua tak perlu mengeluarkan uang untuk kegiatan anaknya,” jelasnya.

Sebanyak 10 unit komputer yang digunakan untuk pelatihan juga milik sekolah. “Kami hanya mendatangkan tenaga pengajar dari luar. Kalau komputernya memang milik sekolah,” ujarnya.

SDN Tlogosari Kulon 3 memang memiliki cukup banyak kegiatan ekstrakurikuler. Siswa memiliki banyak pilihan sesuai bakat dan minat. “Kami memiliki beberapa ekstrakurikuler antara lain komputer, sempoa, seni tari, gambar, serta pramuka,” jelasnya.

Dikatakan, ada beberapa eskul yang diikuti siswa sejak kelas I. “Beberapa kegiatan yang boleh diikuti oleh siswa mulai kelas satu yaitu komputer, sempoa, seni tari dan gambar. sedangkan pramuka mulai kelas tiga,” paparnya.

Ada beberapa kegiatan yang pernah menyabet juara. “Untuk kaligrafi kami pernah juara II tingkat kecamatan. Sedangkan menggambar kami juara umum tingkat kecamatan, serta macapat juara I,” jelasnya.

Sementara untuk UASBN, SDN Tlogosari Kulon 3 berhasil duduk di peringkat ketujuh. “Kami terus berjuang untuk meraih posisi tiga besar di Kecamatan Pedurungan,” tandasnya.

Dijelaskan dari semua eskul, melukis yang paling favorit. “Bahkan pada awal eskul melukis diadakan, semua siswa mengikutinya. Namun sekarang tinggal sekitar 30% siswa yang ikut,” jelasnya.

Hingga saat ini, diakui Wakidjo, kendala yang dialami sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa masih seputar pendanaan. “Kami hanya mengandalkan dana BOS. Pokoknya harus cukup untuk membiayai semua kebutuhan operasional sekolah,” terangnya.

Meski begitu, orangtua siswa tak tinggal diam dengan kondisi sekolah. “Mereka tetap berperan mendukung kami. Salah satu contohnya adalah ketika kami harus mengikuti lomba tingkat kota, orangtua siswa biasanya membantu sekolah untuk pengadaan transportasi,” jelasnya. (awi/nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger