Home » , » Murah, tapi Kualitas Terjaga

Murah, tapi Kualitas Terjaga

Written By Harian Semarang on Senin, 03 Januari 2011 | 06.11

Meski merupakan sekolah swasta, bukan berarti siswa harus merogoh kocek dalam-dalam. Itulah yang terjadi di SMA Ibu Kartini. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Retno Wintarti mengatakan, biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh hanya Rp 150 ribu per tahun.

“SPP perbulannya juga tak terlalu tinggi, untuk kelas satu Rp 145 ribu, kelas dua Rp 140 ribu, dan kelas tiga Rp 150 ribu. Khusus kelas tiga sudah termasuk tabungan,” paparnya ditemui saat harsem di ruang kerjanya, kemarin.

Sekolah dengan visi takwa, disiplin, berprestasi, dan budi pekerti ini berusaha memberikan motivasi kepada siswa agar tak melupakan doa. “Hasilnya, siswa memiliki motivasi dan kedisplinan tinggi,” imbuhnya.

Dijelaskan, siswa memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk pendidikan dan pergaulan mereka. “Kalau boleh membandingkan dengan sekolah swasta lain, siswa SMA Ibu Kartini lebih mudah dibina. Mereka tak terlalu nakal,” jelasnya.

Tanggung jawab yang tinggi diperlihatkan sikap siswa yang ikut membantu orangtua dalam bekerja. “Kebetulan mayoritas berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Mereka tak malu membantu orangtuanya berjualan gorengan,” paparnya.

Dikatakan pula, komunikasi antara pihak sekolah dengan orangtua juga sangat baik. “Kami sering melakukan berkoordinasi dengan orangtua siswa,” terangnya. Pihak sekolah selalu memberikan pengertian kepada siswa agar jangan berkecil hati meski keuangan minim. “Harus tetap semangat belajar,” tandasnya.

Jika ada siswa nakal, sekolah tetap memberikan sanksi. “Kalau terlambat empat kali, orangtuanya akan kami panggil,” tandasnya.

Selain itu sekolah juga sering melakukan home visit. “Home visit biasanya kami lakukan jika siswa membolos selama tiga hari berturut-turut,” terangnya.

Perihal bantuan kepada siswa, Retno mengatakan, sekolah berupaya mencarikan beasiswa bagi siswa kurang mampu. “Kami sering mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kota Semarang. Jumlahnya sekitar 25% dari semua siswa,” bebernya. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger