Home » , , » Gelar Latihan Pesta Siaga

Gelar Latihan Pesta Siaga

Written By Harian Semarang on Selasa, 15 Maret 2011 | 08.26

KWARTIR Ranting (Kwaran) terus mematangkan latihan untuk menghadapi Pesta Siaga Kwarcab Kota Semarang. Salah satu dengan mengadakan latihan gabungan di terlihat di SD Negeri sambirejo 02. Pelatih Kwaran Gayamsari, Eko Sudarmadi mengatakan pihaknya akan terus mematangkan persiapan siswa.

“Yang jelas persiapan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Karena banyak materi yang harus dipelajari siswa yang akan maju pesta siaga nanti,” jelasnya di sela latihan.

Dikatakan, pelatihan sudah dilakukan sekitar satu bulan yang lalu. “Namun sempat ada jeda karena pelaksanaan Popda beberapa waktu lalu. Jadi persiapan efektifnya hanya beberapa pekan saja,” ujarnya.

Materi yang sudah diberikan dalam latihan di antaranya pengetahuan keagamaan, ingatan, perlengkapan, gerak dan lagu, patriotisme dan permainan. “Untuk gerak dan lagu, sebetulnya tidak ada keharusan untuk menyanyikan atau menarikan lagu khusus. Namun kami akan menarikan lagu Warakan,” urainya.

Anggota barung sudah menguasai tarian ini karena beberapa waktu lalu mereka memainkannya dalam pembukaan Popda. Dipaparkan, materi gerak dan lagu ini dibebaskan dengan syarat harus tetap melestarikan kebudayaan Jawa, khususnya Semarang. “Siswa juga diharuskan mendongeng. Pada mendongeng nanti, siswa tidak hanya menceritakan namun juga memeragakan,” kata dia.

Barung yang diajukan Kwaran Gayamsari SDN Sawah Besar 01 dan SD Pangudi Luhur (putra) serta SDN Sambirejo 02 dan SDN Pandean Lamper 04 (putri).

Sebelumnya barung sudah berlatih di sekolah masing-masing. “Seminggu sebelum hari H kami melakukan latihan bersama,” jelasnya saat melakukan latihan bersama di SDN Sambirejo 02.

Dijelaskan, latihan bersama atau gladi resik sangat diperlukan. “Agar siswa tidak kesulitan saat harus tampil di depan banyak orang. Jadi gladi resik perlu supaya siswa tak minder,” lanjutnya.
Eko yang juga Sekretaris Kwaran Gayamsari mengatakan karena mereka merupakan wakil Gayamsari maka kegiatan menjadi tanggung jawab Kwaran.

Siswa yang akan diikutkan pesta siaga berasal dari kelas III dan IV. “Kalau berdasar tingkatan dalam pramuka, yang kami ikutkan adalah keleompok siaga bantu dan siaga tata yang usianya di bawah 11 tahun,” pungkasnya. (awi/nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger