Home » , , , » Belajar Jadi Dai melalui Safari

Belajar Jadi Dai melalui Safari

Written By Arind on Senin, 22 Agustus 2011 | 10.48

UNTUK mengisi Ramadan yang penuh berkah, SD Islam Bilingual An-Nissa menyelenggarakan Safari Ramadan ke berbagai tempat. Menariknya, kegiatan yang dihelat mulai 8-18 Agustus 2011 tersebut tidak hanya dijadikan sebagai wahana menjalin silaturrahmi, tetapi dimanfaatkan pula untuk mengasah bakat khitobah (ceramah keagamaan).
Kepala Sekolah M Zamroni menjelaskan, Safari Ramadan merupakan program tahunan sekolahnya yang sudah berjalan selama dua tahun. Seperti tahun sebelumnya, tujuan utama dilaksanakannya Safari Ramadan untuk melatih kemampuan siswa dalam berdakwah. “Jadi kami manfaatkan kegiatan kunjungan ke berbagai tempat ini untuk melatih kemampuan dan mental putra-putri kami yang punya bakat menjadi dai,” ucapnya, kemarin.
Dalam kegiatan ini, dijelaskannya, pihaknya memang sengaja tidak melibatkan semua siswa, tetapi hanya diperuntukkan bagi tujuh siswa kelas III–V yang berbakat dalam bidang khitobah. “Setiap siswa kami beri kesempatan untuk memberikan ceramah di tempat kunjungan. Satu tempat diisi satu hingga dua anak,” jelas Zamroni.
Sementara, tempat-tempat yang dikunjungi antara lain TPQ, masjid, dan yayasan. Bahkan tahun ini, dikatakannya, Safari Ramadan dilaksanakan hingga keluar Kota Semarang, di antaranya ke kawasan perumahan Pucang Gading, Demak.
Seperti pelaksanaan Safari Ramadhan putaran terakhir yang berlangsung di TPQ Raudlatul Firdaus, Kelurahan Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Kamis (18/8) petang, mereka yang mendapatkan jatah mengisi ceramah yaitu Abdillah M. Madjid dan Sausan.
Di hadapan puluhan siswa-siswi dan guru TPQ Raudlatul Firdaus, siswa dan siswi kelas IV tersebut lancar menyampaikan materi ceramah. Performance keduanya pun mendapatkan apresiasi positif dari pihak dikunjungi itu. Bahkan, mereka berharap tahun depan safari ini dapat dilakukan lagi.
Sementara, Zamroni berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu generasi bangsa lainnya untuk terus bersemangat mempelajari ilmu pengetahuan dan ilmu agama. “Siswa kami yang terlibat kami harapkan bisa menjadi penceramah yang mampu memberikan pencerahan kepada sesama manusia lainnya suatu saat nanti,  tandas Zamroni. (sna/nji)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger