Home » , , , , » Tujuhbelasan “Islami”, Lebih Kena di Hati

Tujuhbelasan “Islami”, Lebih Kena di Hati

Written By Arind on Jumat, 19 Agustus 2011 | 10.51

HARSEM/ SOKHIBUN NI’AM
Pembagian hadiah bagi siswa berprestasi di SDn Srondol 03 Semarang
Oleh Sokhibun Ni’am
Karena bertepatan dengan Nuzuluk Quran, tujuhbelasan di SDN Srondol Kulon 03 dikemas lebih religius. Sekaligus untuk memebrikan pendidikan karakter.

HARI Ulang Tahun Kemerdekaan ke-66 Republik Indonesia yang bertepatan dengan peringatan turunnya Alquran (Nuzulul Quan) pada Rabu (17/8) kemarin diperingati secara istimewa oleh SDN Srondol Kulon 03. Selain disemarakkan upacara bendera seperti umumnya, tujuhbelasan juga diisi kegiatan keagamaan khas Ramadan.
Kegiatan dipusatkan di lapangan sekolah. Dimulai dengan upacara bendera dan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba. Kemudian sorenya dilanjutkan kegiatan keagamaan. Di antaranya buka bersama, pengumpulan zakat fitrah, sholat tarawih, dan pesantren Ramadan yang melibatkan seluruh unsur pendidik dan tenaga kependidikan, siswa, dan masyarakat sekitar. Seluruh rangkaian acara, berlangsung lancar dan penuh khidmat.
Kepala Sekolah SDN Srondol Kulon 03 Purwanto mengatakan, HUT RI ke-66 ini merupakan momen sangat istimewa karena bertepatan peringatan Nuzulul Quran. Untuk itu, pihaknya mengisinya dengan kegiatan yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang dilandasi kecakapan rohani di kalangan siswa. “Harapannya, hikmah yang ingin kami sampaikan bisa lebih kena d ihati siswa,” jelasnya.
Kegiatan perayaan HUT RI di antaranya lomba memasukkan pensil ke dalam botol, membawa kelereng, gerak jalan, menari, serta kebersihan kelas. “Diadakan mulai pertengahan Juli hingga sekarang,” ucapnya, kemarin. 
Ia menambahkan, agar kegiatan peringatan tujuh belasan ini lebih bermakna, pihaknya berupaya agar tidak sekedar seremonial. Oleh pihaknya, kegiatan peringatan tujuhbelasan juga diisi dengan berbagai kegiatan bervisi pendidikan karakter. “Karena bertepatan dengan bulan Ramadan, kegiatan kami isi dengan pesantren kilat yang konsep dan materinya kami sesuaikan dengan visi yang kami buat,” imbuhnya.
Dijelaskannya, materi pesantren meliputi bidang muamalah, tarikh, ilmu Alquran, akhlak, dan ilmu fiqh. Sementara pelaksanaan kegiatannya dilakukan dalam dua tahap, yaitu untuk kelas IV – VI dilaksanakan pada 11–13 Agustus dan untuk kelas I–III dilaksanakan pada 15–17 Agustus.
“Sebagai puncaknya adalah pesantren Ramadan. Jika pada hari sebelumnya, meteri hanya disampaikan oleh guru, namun pada puncak acara kami mengundang dai dari luar,” terangnya. (nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger