Home » , , , , , » Ingin Lestarikan Budaya Jawa

Ingin Lestarikan Budaya Jawa

Written By Arind on Jumat, 26 Agustus 2011 | 13.11

HARSEM/DOK
Shariayu
KECIL-kecil cabai rawit. Mungkin seperti itulah karakter Shariayu Rizki Amalia, wanita berusia 6 pasangan Anisa dan Kukuh Sudarmanto, Camat Semarang Selatan. Gadis mungil berambut panjang ini meskipun berperawakan kecil namun dirinya memiliki banyak prestasi, di antaranya prestasi dalam menari dolanan anak.
Saat ditemui di kediamannya, gadis yang akrab disapa Shaza ini mengaku ingin melestarikan budaya Jawa lewat tarian dolanan anak yang sering dipentaskannya semenjak TK. “Sebagai orang Jawa tentunya harus mencintai budaya Jawa. Salah satu bukti kecintaan saya lewat tarian,” ungkapnya.
Dalam prestasi menari, Shaza pernah didaulat untuk mengisi kegiatan tingkat Kota Semarang. Bersama teman-temannya di TK Al Azhar 22 ini pernah menarikan tarian dolanan anak. “Saat itu dengan teman-teman, saya menari Tarian Anoman Obong,” kenangnya.
Meskipun sekarang dirinya sudah menginjak kelas 1 SD, namun kecintaannya terhadap budaya Jawa masih melekat. “Sampai sekarang pun saya masih terus berlatih menari. Terpenting melestarikan budaya Jawa jangan smapai ditinggalkan,” ungkap gadis kelahiran 2 April 2005 ini.
Selain menari dia pun hobi menggambar. “Setiap jalan-jalan ke toko buku saya selalu melirik peralatan gambar. Memang suka gambar,” ungkapnya.
Kukuh Sudarmanto selaku orangtua mendukung improvisasi kreativitas putrinya yang sangat positif. “Karena dorongan dari dalam yang sudah kelihatan dan sebagai orangtua harus tetap mendorong, “ ungkap Kukuh. (wam/gus)



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger