Home » , » Meski Sekolah Kristen, Banyak yang Puasa

Meski Sekolah Kristen, Banyak yang Puasa

Written By r.ny siikecilQue on Kamis, 11 Agustus 2011 | 13.06

Siswa tetap bermain sepakbola di halaman sekolah, puasa tak menghalangi mereka untuk menghabiskan waktu istirahat dengan bermain

Meski merupakan sekolah dari yayasan Kristen, namun sebagian siswa SD Maranata 02 Semarang menjalankan ibadah puasa. Hal itu disampaikan Kepala Sekolah Sarwono kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Dikatakan, meski merupakan sekolah Kristen, banyak siswa beragama Islam.
“Kami harus menghormati siswa yang beragama Muslim. Untuk itu, jam sekolah juga kami kurangi, yakni untuk selama puasa ini pulangnya jadi pukul 12.00,” jelasnya.
Dikatakan, sekolah dengan 44 siswa tersebut meski tidak mengadakan kurikulum khusus selama Ramadan, namun tak mengganggu ibadah para siswa yang beragama Islam. “Mereka tetap menjalankan ibadah puasa dengan optimal, itu yang kami lihat,” ujarnya.
Dijelaskan, banyak siswa yang meskipun menjalankan ibadah puasa, namun tetap bisa mengikuti kegiatan sekolah dengan semangat. “Saya lihat kok yang puasa itu malah nggak ada rasa lemas, misalnya saat istirahat, mereka tetap bermain dengan teman yang lain, bahkan malah bermain sepakbola,” kata dia.
Sementara, pada tahun ini, rupanya sekolah di kecamatan Gajahmungkur tersebut mengalami penurunan jumlah siswa. “Untuk tahun ajaran ini saja, kami hanya mendapatkan empat siswa baru, tahun sebelumnya masih lumayan mendapat sembilan siswa,” ungkapnya.
Namun demikian, hal tersebut tak mengurangi kegiatan sekolah. “Untuk operasional sekolah kan kami mendapatkan subsidi dari gereja, bahkan untuk gaji guru juga masuk dalam subsidi tersebut,” jelasnya.
Dijelaskan, meski merupakan sekolah swasta, namun para siswa kebanyakan dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. “Bahkan siswa yang kurang mampu kami gratiskan untuk uang gedungnya. Itu salah satu wujud bahwa kami juga ingin meringankan mereka” jelasnya. (awi/nji)

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger