Home » , , , , , » Pramuka Bantu Amankan Arus Mudik

Pramuka Bantu Amankan Arus Mudik

Written By Arind on Kamis, 25 Agustus 2011 | 10.50

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM
Kompol Selamet Riyanto menyematkan pita kepada pramuka relawan pengamanan arus mudik Lebaran
Oleh Sokhibun Ni’am
Sejumlah pramuka Kwaran Ngaliyan ikut bertugas mengamankan Lebaran. Mereka bertugas selama lima hari.
BARANGKALI pengalaman sebagian besar siswa dalam memanfatkan libur menjelang lebaran seperti saat ini adalah berbelanja atribut lebaran, mudik ke kampung halaman, atau mempersiapkan jadwal pelesiran ke sanak saudara hingga ke obyek wisata saat Lebaran tiba nanti. Namun, berbeda dengan 12 siswa dari SMAN 7 dan SMAN 8 yang aktif di Pramuka Saka Bhayangkara pada Kwartir Ranting (Kwaran) Ngaliyan. Mereka memilih mengisi libur panjang lebaran kali ini dengan menjadi relawan Pengamanan Arus Mudik (PAM) lebaran.
Mulai Rabu (24/8) kemarin hingga Minggu (4/9) mendatang mereka akan bergiliran membantu aparat kepolisian dan tim terpadu pengaman arus mudik lainnya di Pos PAM Lebaran 2011 Jl, Gatot Subroto, depan SPBU Krapyak, membantu para pemudik dan mengatur lalulintas selama arus mudik Lebaran.
 “Tim yang terdiri 12 orang pramuka ini dibagi dalam dua shift. Bertugas untuk membantu para pemudik dan petugas dalam mengatur lalu lintas menjelang dan seusai lebaran mendatang,” ujar Mulyono Ketua Pramuka Kwaran Ngaliyan, menjelang upacara penyematan pita Petugas PAM Lebaran 2011 kepada 12 pramuka di halaman Polsek Ngaliyan, Selasa (23/8) petang. Penyematan pita dipimpin langsung oleh Kapolsek Ngaliyan, Kompol Selamet Riyanto.
Lebih lanjut, Mulyono mengungkapkan, kegiatan dharma bakti anggota Pramuka Saka Bhayangkara dalam momen mudik Lebaran ini merupakan program Gerakan Pramuka Kwaran Ngaliyan yang pertama kalinya dilakukan. Para anggota pramuka ini akan membantu aparat kepolisian dalam pengamanan lalulintas dan membantu memberikan pengaman tindakan pertama di tempat kejadian perkara.
 “Sebelumnya, kami sudah mengadakan kegiatan latihan kebhayangkaraan secara intensif terkait hal itu,” beber Kepala Sekolah SDN Beringin 02 tersebut.
 Selain itu, ditambahkannya, selama bertugas para pramuka juga akan ikut berpatroli bersama aparat kepolisian ke titik-titik keramaian seperti tempat wisata Taman Lele dan Kebun Binatang Mangkang  pasca-Lebaran nanti. 
 Sebelum diterjunkan ke lapangan, Kapolsek Ngaliyan berpesan kepada para anggota Pramuka agar menjunjung tinggi Dasa Dharma Pramuka. Terlebih, dalam aplikasinya untuk membantu para pemudik. “Saya harap para anggota Pramuka yang bertugas menjaga mental serta berbudi pekerti yang baik. Terutama dalam membantu para pemudik orang tua atau penyeberang jalan yang membawa banyak barang-barang keperluannya,” ucapnya.
 Dengan dharma yang tengah dilakukan ini, ia berharap bisa menjadi teladan dan ditiru oleh para pramuka lainnya dan masyarakat pada umumnya diwaktu mendatang. Kegiatan lapangan semacam ini, dikatakannya, mengandung pendidikan yang positif, khususnya bagi kalangan pelajar.
 “Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas apa yang dilakukan adik-adik anggota pramuka atas kerelaannya bersedia ikut andil dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Mudah-mudahan dapat menjadi tauladan bagi yang lain,” tandasnya. (nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger