Home » , , , » Salurkan Zakat untuk Siswa Sendiri

Salurkan Zakat untuk Siswa Sendiri

Written By Arind on Selasa, 23 Agustus 2011 | 12.50

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM
Siswa menerima pembagian zakat yang diwujudkan dalam bentuk sepatu
MESKI Ramadan belum berakhir, namun siswa-siswi SDN Beringin 02 di Kecamatan Ngaliyan sudah menunaikan amalan wajib penyempurna puasa berupa pembayaran zakat fitrah melalui amil (panitia zakat) yang dibentuk sekolah. Zakat yang terkumpul juga sudah didistribusikan ke sejumlah penerima, termasuk kepada para siswa sendiri.
Kepala Sekolah Mulyono mengungkapkan, penggalangan zakat fitrah di kalangan siswa memang sengaja dilakukan lebih awal. Pendistribusian zakat dengan dikoordinatori guru agama tersebut berhasil mengumpulkan zakat fitrah berbentuk uang tunai sebesar Rp. 2.210.000 dan 50 kilogram beras.
“Semua zakat dari para siswa tersebut, sudah kami distribusikan sejak hari Sabtu (19/8) dan kami jadwalkan selesai semua hari ini (kemarin, red),” jelasnya, di sela kegiatan pendistribusian zakat fitrah, kemarin.
Penyaluran semua zakat fitrah, dijelaskannya, disalurkan ke sejumlah mustahiq. Yaitu sepertiga didistribusikan melalui UPTD Pendidikan Kecamatan Ngaliyan untuk kemudian disalurkan melalui BAZ Kota Semarang, kemudian tiga perempat sisanya didistribusikan langsung kepada masyarakat sekitar dan siswa kurang mampu di SDN Beringin 02.
“Jumlah yang diterimakan kepada siswa berbeda-beda. Ada yang mendapat zakat berupa uang tunai Rp 25 ribu ditambah beras 2,5 kilogram. Ada yang cuma uang Rp 25 ribu tanpa beras. Tergantung kondisi perekonomian orangtua mereka,” jelas Mulyono.
Lebih jauh tentang kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah ini, Mulyono menjelaskan, dimaksudkan sebagai wahana pembelajaran kepada siswa. Selain untuk memperkenalkan bahwa zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim¸ juga untuk menamkan rasa solidaritas dan menumbuhkan empati siswa terhadap saudaranya yang kurang beruntung. “Zakat fitrah termasuk rangkaian kegiatan pesantren Ramadan,” jelasnya.


  

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger