Home » , , , , , , » Selalu Adakan Eskul Baru

Selalu Adakan Eskul Baru

Written By Arind on Kamis, 25 Agustus 2011 | 10.57


HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI
Sukini
MONCERNYA popularitas sekolah menengah kejuruan (SMK) membuat SMA swasta mengalami penurunan jumlah siswa. Salah satunya dialami SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Tahun ini jumlah siswa menurun. Jumlah penghuni kelas X dan XI  masing-masing 66 dan 70 siswa. Sedangkan kelas XII sebanyak 87. Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 01 Sukini kepada Harsem.
Jumlah ini menurun dibanding tahun lalu. “Namun, hal itu tak membuat kami mengurangi kualitas pembelajaran. Salah satunya ekstrakurikuler, justru setiap tahun kami membuat eskul baru,” jelasnya.
Menurutnya, semakin banyak eskul akan membuat calon siswa semakin tertarik. “Karena kami harus bersaing dengan SMA maupun SMK,” kata dia.
Keberadaan SMK memang merupakan penyebab berkurangnya jumlah siswa. “Lulusan SMK bisa cepat kerja. Akibatnya, siswa lebih tertarik masuk SMK dibanding SMA,” kata dia.
Hal itu tak menyurutkan upayanya untuk meningkatkan kualitas. “Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, setiap kelas kami lengkapi dengan AC dan LCD,” pungkasnya.
Selama bulan Ramadan kegiatan ekstrakurikuler tetap seperti biasa. Bedanya, lebih banyak diisi teori. Dikatakan, ekstrakurikuler yang disediakan antara lain tapak suci dan hizbul waton, rebana, qiroah, BTA, speaking dan bahasa Arab. “Kegiatan lain yakni paduan suara, basket, voli, dan paskibra tetap jalan,” jelasnya.
Durasi kegiatan dikurangi. “Biasanya durasi latihan 2 jam. Namun selama Ramadan dikurangi menjadi satu jam atau bahkan kurang dari itu,” terangnya. Dia mengatakan karena merupakan sekolah Islam, kegiatan lebih mengarah ke keagamaan. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger