Home » , , , » Takjil Tuntas, Zakat Siap Dibagikan

Takjil Tuntas, Zakat Siap Dibagikan

Written By Arind on Selasa, 23 Agustus 2011 | 11.22

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI
Guru menyiapkan barang hasil pengumpulan zakat fitrah mal, dan sedekah yang akan disalurkan ke panti asuhan
LEBARAN masih sepekan. Tapi mayoritas siswa SDN Srondol Kulon 01 Semarang sudah takjil (titip zakat) ke sekolah. Guru pendidikan agama Islam, Trimo mewakili Kepala Sekolah Sutarno mengatakan, zakat sudah terkumpul.
“Ada yang berupa zakat fitrah dan mal, ada pula sedekah. Sudah kami kemas dan tinggal disalurkan kepada yang berhak,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Untuk penyalurannya, pihak sekolah sudah memutuskan untuk membagikannya kepada yayasan panti asuhan yang sudah mengajukan permintaan bantuan kepada sekolah. “Ada beberapa proposal yang masuk. Barang-barang yang sudah terkumpul akan kami bagikan secara merata kepada sejumlah yayasan,” jelasnya.
Yayasan akan diberi bantuan antara lain TPQ ABA-ABA, Yayasan Putra-Putri Al Fatihah, Darul Yatim, serta Al-Karimah.
Sebagian siswa juga akan menerima bantuan. “Sebagian akan kami berikan kepada siswa yang betul-betul membutuhkan,” kata dia.
Barang yang sudah dikumpulkan beberapa macam. Antara pakaian pantas pakai dan makanan kering. “Imbauan dari kami seperti itu,” lanjutnya.
Pengumpulan zakat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadan. “Sebelumnya sudah ada kegiatan lain. Pekan pertama kami memantau siswa, apakah menjalankan puasa atau tidak. Pekan kedua ada pesantren kilat,” jelasnya.
Dijelaskan, pesantren kilat diisi sejumlah lomba. Setiap kelas lombanya berbeda.
Kelas I, lomba yang digelar membaca Al Fatihah. Kelas II lomba praktik wudhu dengan sempurna. Kelas III sholat fardhu Maghrib.
Kelas IV lomba adzan (putra) dan lomba sholat wajib (putri). Kelas V sholat fadhu pilihan dengan bacaan khusyu serta kelas VI hafalan surat Al Fatihah hingga Al Ashr.
“Hafalan sebanyak 12 surat pendek. Target kami, siswa lulus sudah hapal 23 surat, dari Al Fatihah hingga Adhuha,” jelasnya.
Kegiatan ditutup dengan buka bersama dan dilanjutkan Nuzulul Quran. “Buka bersama diikuti semua siswa mulai dari kelas satu hingga enam. sedangkan pengajian Nuzulul Quran hanya untuk kelas tiga hingga enam karena acaranya malam,” jelasnya. (awi/nji)   

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger