Home » , , » Demi Somalia, Siswa Miskin Kumpulkan Dana

Demi Somalia, Siswa Miskin Kumpulkan Dana

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 06.38

Bencana kelaparan di Somalia menggugah siswa SD Juara. Mereka bersedia menyumbang, meski mereka sendiri dalam keterbatasan.

KEGIATAN ujian tengah semester (UTS) tak harus diisi dengan mengerjakan soal. Hal itu yang dilakukan SD Juara. Pada UTS kali ini, sekolah mengisinya dengan kegiatan sosial. Para pengajar mengajak siswa untuk peduli terhadap kelaparan Somalia. Kepedulian terlihat dari program yang digelar, yakni Aid for Somalia.

Kegiatan yang dilakukan pekan lalu tersebut, diadakan selama beberapa hari. “Yakni Selasa hingga Jumat. Itu karena kegiatan kami cukup banyak,” jelas Kepala Sekolah Joko Kristiyanto.

Kegiatan yang diadakan, antara lain nonton bareng film tentang kondisi terkini rakyat Somalia, penggalangan koin cinta untuk Somalia, pemberlakuan denda pemotongan uang saku Rp 1.000 bagi siswa yang makan siangnya sisa dan uang sakunya terlalu banyak yaitu Rp 1500, dan bazaar pakaian layak pakai.

Dijelaskan Joko, dana yang diperoleh mencapai hampir Rp 1 juta. “Sebagian di antaranya diperoleh dari bazaar dan sebagian lagi dari koin cinta untuk Somalia,” terangnya.

Dijelaskan, kegiatan ini mengajak siswa langsung praktik untuk memberikan solusi terhadap masalah yang kini melanda Somalia. “Secara tidak langsung mengajari siswa sikap berbagi dan peduli terhadap sesama sebagai bagian dari pendidikan karakter,” urainya.

Dia mengungkapkan, SD Juara yang mayoritas siswanya tidak mampu saja bisa membantu Somalia, sekolah lain seharusnya bisa. “Saya yakin, jika ada keinginan pasti pasti. Mari bersama mengembalikan senyum anak Somalia,” tegasnya.

Dirinya mengatakan, antusiasme siswa sangat besar. “Mereka memang selalu kami ajak untuk berbuat baik dan peduli terhadap sesama. Ini sangat berhubungan dengan pendidikan karakter,” jelasnya.

Dikatakan, meskipun siswa kebanyakan berasal dari golongan kurang mampu, namun mereka tetap peduli terhadap yang lebih membutuhkan bantuan. “Terlihat, dari tidak ada sekat antara siswa yang kaya maupun yang kurang. Mereka tetap akrab satu sama lain. Untuk itu, ketika kami mengajak mereka untuk berbuat baik kepada sahabat yang tinggal di Somalia mereka menyambut dengan suka cita,” terangnya.

Ppembaca yang ingin menyumbang bisa menghubungi SD Juara Semarang di Jalan Singa Utara 67 Kelurahan Kalicari Pedurungan, nomor telpon 024-6708707. (nji)

HARSEM/DOK
Para siswa mengikuti kegiatan Aid for Somalia
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger