Home » , » Pemilos, Guru Ikut Nyoblos

Pemilos, Guru Ikut Nyoblos

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 06.59

Kepala sekolah menyaksikan proses perhitungan suara
PEMILIHAN Ketua OSIS (Pemilos) kembali digelar. Kali ini dilakukan siswa-siswa di SMAN 9 Semarang, kemarin. Pemilos yang merupakan program kerjasama dengan KPU Kota Semarang ini diikuti seluruh warga sekolah. Tidak hanya siswa, namun kepala sekolah dan guru turut menggunakan hak suaranya.

Kepala Sekolah Nasikhun mengatakan pemilihan OSIS memang rutin dilakukan setiap tahun sekali. Namun karena ada program dari KPU pelaksanaannya pun menjadi berbeda. “Dalam pemilos, aturan yang digunakan disesuaikan pemilu yang diselenggarakan KPU, seperti pilpres maupun pilwalkot,” katanya.

Karena aturannya hampir sama dengan pemilu pada umumnya, sehingga aturan termasuk perencanaan sampai pelaksanaan pemilihan disesuaikan dengan aturan dari KPU. Misalnya, ada SK untuk anggota KPU tingkat sekolah, pelantikan KPU, pengawas, KPPS, baru mengadakan agenda kegiatan, dimulai dari pemilihan kandidat ketua dan wakilnya.

“Ada tiga pasangan yang sebelumnya sudah melakukan debat kandidat yang disaksikan perwakilan siswa dan KPU. Pelaksanaannya cukup bagus, kandidat cukup cerdas dan tanggap dalam menjawab pertanyaan dari siswa lain maupun guru,” lanjutnya.

Dalam pemilihan ini, ada yang berbeda yakni ketua OSIS tidak hanya dipilih oleh siswa saja melainkan seluruh warga sekolah, termasuk guru dan kepala sekolah. Jumlah pemilih sebanyak 1.020 suara. 

“Guru ikut nyoblos untuk mengimbangi suara siswa yang cenderung subyektif. Sedangkan guru dinilai lebih obyektif dan melihat kemampuan siswa. Ini juga menumbuhkan rasa handarbeni dan tanggung jawab,” jelasnya.

Pemilos diharapkan menjadi pembelajaran siswa. “Tidak hanya teorititis tetapi praktik di lapangan. Paham langkah2ya seperti apa. Sejak awal ditanamkan kompetensi secara sehat. Siap menang dan siap kalah untuk kandidat, dan siswa memilih bukan karena faktor kedekatan melainkan karena potensi,” ungkapnya.

Sayang hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa calon yang terpilih menjadi ketua OSIS. (wam/nji)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger