Home » , , » Kolaborasi Budaya Meriahkan Bulan Bahasa

Kolaborasi Budaya Meriahkan Bulan Bahasa

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 06.26

Penampilan kesenian tradisional dalam perayaan Bulan Bahasa di Unnes
RANGKAIAN Bulan Bahasa Dan Seni (BBS) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (25/10), berlangsung meriah dengan diselenggarakannya kolaborasi budaya tradisional Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Kolaborasi budaya dua daerah tersebut diawali dengan arak-arakan ratusan mahasiswa dari kedua perguruan tinggi, yaitu Unnes dan Universitas Negeri Surabaya (Unnesa) selaku penggagas kegiatan tersebut. Dengea mengenakan berbagai corak pakaian tradisional daerah masing-masing mereka berjalan mengelilingi kawasan kampus Unnes Sekaran. Beberapa kesenian tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti barongan, jathilan, dan reog juga dimainkan para mahasiswa dalam arak-arakan itu.

Menurut ketua panitia Ade Riyanto, arak-arakan tersebut merupakan bentuk apresiasi mahasiswa kedua perguruan tinggi terhadap kebudayaan tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan diangkatnya budaya tradisional dua daerah tersebut diharapkan mampu menyemaikan rasa cinta para mahasiswa terhadap budaya tradisionalnya yang indah dan sarat nilai yang kemungkinan belum banyak diungkap dan dipahami.

“Sasaran kegiatan ini memang untuk mahasiswa, karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu ditanamkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan yang dimiliki bangsanya,” jelasnya, di sela kegiatan, kemarin (25/10).

Arak-arakan budaya dua daerah tersebut, dikatakan Ade, bertema Semar-Baya Ngulandara Budaya. Makna dari Semar-Baya, dijelaskannya, merupakan akronim dari kata Semarang dan Surabaya. Sementara ngulandara budaya, diartikan dengan berkelana untuk mengenalkan kebudayaan khas yang dimiliki daerahnya. “Arak-arakan ini sendiri melibatkan 100 mahasiswa dari Unnes dan 60 mahasiswa Unesa,” imbuhnya.

Selain arak-arakan, Ade mengatakan, kolaborasi budaya itu juga akan ditampilkan dalam berbagai bentuk kegiatan lain, diantaranya pertunjukan teater dan pementasan tarian khas kedua daerah. (sna/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger