Home » , , , » Pascasarjana Unnes Siapkan Lima Prodi Baru

Pascasarjana Unnes Siapkan Lima Prodi Baru

Written By Harian Semarang on Minggu, 30 Oktober 2011 | 23.15

Prof Samsudi
PROGRAM Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) kini tengah melakukan berbagai upaya penguatan lembaganya, salah satunya dengan menyiapkan penambahan lima program studi (prodi) baru yang dijadwalkan akan mulai dibuka pada 2012 mendatang.

Di sela pelepasan 370 magister dan 15 doktor Program Pascasarjana Unnes di Hotel Patrajasa, kemarin (18/10), Direktur Pascasarjana Unnes, Prof Samsudi mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan berbagai penguatan untuk menuju lembaga pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bertaraf internasional.

Misalnya dari sisi akademik, ia mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan layaan secara optimal mulai dari pengembangan kurikulum, konten perkuliahan, pemantauan perkuliahan secara online, serta peningkatan kualifikasi dosen.

“Dosen pascasarjana itu kan minimal harus berjenjang pendidikan doktor. Dan itu yang saat ini terus kita dorong meskipun saat ini Pascasarjana Unnes telah mempunyai sekitar 150 doktor dan 60 profesor,” ucapnya.

 Selain itu, juga dilakukan penguatan dengan melakukan pengembangan prodi baru. Selama ini, pasacasarjana Unnes telah memiliki 13 prodi dan lima konsentrasi pada jenjang pendidikan S2. Sementara untuk S3, terdiri empat prodi, meliputi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olahraga, dan Manajemen Pendidikan.

“Tahun ini kami sudah mengajukan ijin kepada Dirjen Dikti untuk mengembangkan lima prodi baru. Kemungkinan besar prodi-prodi baru tersebut sudah bisa kami buka pada 2012 nanti,” ujarnya.

Samsudi menyebutkan, lima prodi baru yang bakan dibuka itu terdiri pendidikan ekonomi (S2), pendidikan kejuruan (S2), pendidikan seni (S3), pendidikan IPA (S3), dan pendidikan matematika (S3).

 “Semua itu kami kembangkan dengan tetap berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Tiga tahun terakhir minat masyarakat terhadap pendidikan pascasarjana terbilang meningkat. Ini menjadi indikasi bahwa kebutuhan pendidikan pascasarjana kian dibutuhkan,” ucapnya.

Samsudi juga mengatakan, penguatan lembaga juga dilakukan dengan melakukan kerjasama dan pengayaan dengan berbagai universitas, baik di dalam maupun luar negeri melalui program dual master degree, seperti di antaranya dengan Belgia, Ohaio, Amerika, Indiana, dan Australia. (sna/nji)



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger