Home » , » Siswa Ikuti Simulasi Kebakaran

Siswa Ikuti Simulasi Kebakaran

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 00.20

Siswa SMPN 2 sedang memadamkan api dengan menggunakan karung goni saat simulasi pemadaman kebakaran,  

SEBANYAK 189 siswa SMPN 2 Semarang, Rabu (19/10) kemarin berkesempatan berlatih menjinakkan “si jago merah” atau kebakaran di halaman Kantor Dinas Kebakaran Kota Semarang. Para siswa kelas VII terlihat antusias mengikuti simulasi pemadaman api dengan menggunakan karung goni basah.

Pembina OSIS SMPN 2 Semarang Sri Wahyuningrum menerangkan, kegiatan simulasi pemadaman kebakaran tersebut merupakan kegiatan wajib untuk siswa kelas VII. Dimaksudkan untuk membekali para siswa tentang bagaimana langkah pertama menanggulangi kebakaran.

“Cuma mengenalkan kepada para siswa seperti apa teknik yang benar dalam melakukan pemadaman kebakaran. Paling tidak, untuk menangani kebakaran yang sifatnya masih kecil,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan simulasi, kemarin.

Sebelum simulasi dilangsungkan, para siswa mendapatkan pengarahan dari para petugas pemadam kebakaran tentang teknik-teknik penanganan pertama pemadaman api menggunakan karung goni basah yang aman dan benar.

“Cara memegang karung harus benar agar jari-jari kita tidak terkena api. Jangan lupa perhatikan arah angin ketika hendak menutupkan karung goni basah pada sumber api agar apinya cepat padam,” terang salah satu instruktur.

Selanjutnya, pada praktek simulasi itu, setiap siswa mendapat giliran satu persatu melakukan pemadaman api yang berkobar dari dalam drum yang telah disediakan petugas kebakaran sebelumnya.

Sementara Pembina OSIS lainnya, Etty Sugiyarti megatakan, selain kegiatan simulasi kebakaran ini, SMPN 2 Semarang dalam tiga hari ini juga tengah mengirimkan siswa di kawasan Banyubiru Ambarawa untuk mengikuti kegiatan home stay.

“Kegiatan home stay tersebut sudah dimulai hari Selasa (18/10) kemarin dan akan berakhir besok (hari ini, red). Maksud tujuan dari kegiatan ini agar para siswa dapat berinteraksi dengan para penduduk dan mengetahui bagaimana kehidupan sederhana di kawasan pedesaan,” bebernya. (nji)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger