Home » , » Tari Kelinci Sambut Sumpah Pemuda

Tari Kelinci Sambut Sumpah Pemuda

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 07.07

Siswa menyajikan tari kelinci untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda
MENYAMBUT Sumpah Pemuda, SDN Karangroto 01 Semarang mengadakan pentas seni. Sekolah juga meminta siswa mengenakan pakaian tradisional. Beberapa siswa menyanggul rambut seperti tengah mengikuti kontes kecantikan. Salah satu siswa, Lisa (7) mengatakan senang. “Senang mengenakan busana daerah,” ujar siswa kelas satu ini.

Dia mengatakan, pakaian disiapkan oleh ibunya. Meski senang, dia mengaku tak paham mengapa diminta mengenakan busana tradisional. “Saya nggak tahu,” ujarnya tersipu.

Lain halnya dengan Devi (7). Siswa kelas satu ini mengaku tahu Hari Sumpah Pemuda. “Tapi saya nggak hapal isinya,” ujarnya ketika diminta untuk membacakan Pumpah Pemuda.

Namun, dia juga mengaku senang. “Sebelumnya saya nggak pernah pakai baju kayak gini, Nggak pernah pakai lipstik sebelumnya,” ujarnya.

Kepala Sekolah Eny Dwi Astuti mengatakan pihaknya meminta siswa untuk mengenakan pakaian daerah agar makna Sumpah Pemuda lebih terasa. “Apalagi selama ini siswa hanya tahu pakaian dari daerah dari gambar saja. Untuk itu, kami mengajak siswa untuk mengenakan,” terangnya kepada Harsem kala ditemui di sela kegiatan.

Pada kegiatan itu, siswa juga diajak meneriakkan isi Sumpah Pemuda. “Juga ada kegiatan pentas seni dan lomba,” jelasnya.

Lomba yang diadakan antara lain cerdas cermat, baca puisi, baca Undang-undang Dasar, serta permainan. “Pada pentas seni, siswa akan membawakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler,” urainya.

Antara lain seni tari, reban dan pramuka. “Untuk tari ini ada tari kelinci, gambang Semarang, kidang, serta yapong,” paparnya.

Untuk biaya operasional, Eny mengatakan, semua pengeluaran ditanggung orangtua siswa. “Semua diurus komite sekolah, mereka sangat antusias. Padahal mereka juga harus menyewa pakaian untuk anak-anak,” kata dia.

Menurut Eny, pihaknya berharap siswa makin berminat mengikuti ekstrakurikuler. Karena sejauh ini yang ikut baru ikut hanya 25% dari seluruh siswa yang berjumlah 300 siswa. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger