Home » , , » Tiga Siswa SMAGA Menang di Ajang Internasional

Tiga Siswa SMAGA Menang di Ajang Internasional

Written By Harian Semarang on Senin, 31 Oktober 2011 | 00.43

Kepala Sekolah Hari Waluyo berfoto bersama Aulia Prahardika (kiri), Ghandam Bagus Putra, dan Irham Rosyidi
PRESTASI membanggakan kembali ditorehkan putra-putri Indonesia di kancah internasional. Dalam “Hongkong Internastional Science Fair (HKISF) 2011” yang berlangsung di Hongkong, 16-18 Oktober kemarin. Tiga karya dari siswa-siswi SMAN 3 (Smaga) Semarang yang menjadi wakil Indonesia berhasil menyabet medali perak, perunggu, dan certificate honorable mention.

Medali perak dipersembahkan Ghamdan Bagus Putra (kelas XII IPA 9) dan Irham Rosyadi (kelas XII IPA 11) melalui penelitian berjudul SMS Gateway as an Alternative of Computer Answer Sheet. Medali perunggu dipersembahkan Andy Aulia Prahardika (kelas XI IPA 7) melalui karya Effective and Environment Friendly Runway Flood.

Sementara penghargaan honorable mention didapatkan dari penelitian Pemanfaatan Minyak Biji Ketapang sebagai Bahan Pembuatan Margarin yang dibuat Hani Mufidah dan Enggardini Rachma Hakim (keduanya siswi kelas XI program olimpiade).

Ajang sains ini sendiri diikuti 37 finalis dari 17 negara, seperti Korea Selatan, Amerika Serikat, China (Hongkong), Italia, Rumania, Turki, Indonesia, Argentina, Tunisia, Rusia, dan Jerman.

Ditemui di sekolahnya di kawasan Jl Pemuda, Ghandam Bagus Putra dan Irham Rosyidi mengaku senang atas pencapaian prestasi ini. Menurut Irham, karya kreatif berupa pengembangan program pesan singkat (SMS) sebagai alternatif pengganti lembar jawaban ujian di sekolah yang mereka buat awalnya terinspirasi dari SMS Gateway yang biasa dimanfaatkan sebagai alat polling pada dunia entertainment.

“Setelah kami lakukan serangkaian percobaan, ternyata SMS Gateway bisa dipakai untuk pengganti kertas lembar jawab ujian,” jelasnya.

Senada, Ghandam menjelaskan, piranti dan cara kerjanya juga tidak rumit, cukup modem SMS gateway yang banyak dijual di pasaran dan seperangkat komputer. “Kalau cara kerjanya, siswa tinggal mengetik jawaban sesuai dengan format, lalu dikirimkan ke komputer melalui nomor yang ditentukan modem,” terangnya.

Data-data jawaban yang masuk, ia lanjutkan, kemudian diolah dengan program microsoft excel yang telah dilengkapi dengan program otomatisasi hasil sehingga tidak perlu melakukan pencocokan benar atau salah jawaban dengan cara manual. Sekali klik, maka bisa langsung diketahui hasilnya.

“Tentunya, penggunaan SMS Gateway untuk LJK ini lebih murah biayanya dibandingkan ongkos kertas LJK. Ongkos SMS hanya butuh sekitar Rp 150, sementara harga kertas LJK perlembar bisa mencapai Rp. 350,” tandasnya.

Sementara, Aulia Prahardika mengatakan, karyanya Effective and Environment Friendly Runway Flood lahir dari keprihatinan melihat banyaknya kejadian pesawat tergelincir akibat landasan pacu bandara tegenang banjir. “Dengan sensor banjir ini, tentunya dapat menjadi solusi untuk menghindari kecelakaan pesawat tersebut, karena alat ini didesain untuk memberikan peringatan dini kepada kru pengontrol udara untuk disampaikan kepada pilot, sekaligus menyedot genangan air secara otomatis,” urainya.

Keunggulan lain dari alat ini, ia katakan, tidak membutuhkan suplai listrik dari jaringan PLN karena seluruh kerja sensor ditopang dengan solarsel atau panas matahari dan baterai penyimpan arus listrik.

Kepala SMAN 3 Semarang, Hari Waluyo mengatakan, pihaknya sangat bangga dan gembira atas prestasi yang diraih siswanya ini. Bagi sekolah, pencapaian ini sangat diharapkan sebab rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dituntut menorehkan prestasi di tingkat internasional.

“Kami sangat bersyukur siswa-siswi kami yang berhasil mengukir prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasi ini menjadi bukti bahwa sebenarnya kami telah siap menjadi sekolah bertaraf internasional,” tandasnya. (sna/nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger