Home » , » Kemala Bersiap Meraih Adiwiyata

Kemala Bersiap Meraih Adiwiyata

Written By Harian Semarang on Selasa, 01 November 2011 | 07.08

Para siswa dan seorang guru sedang menanam apotek hidup
Oleh Aris Wasita Widiastuti

Persiapan sudah dilakukan: dari kebersihan hingga keasrian sekolah. Mampukah SD Kemala Bhayangkari 04 Semarang memenangi lomba adiwiyata?

KEBERSIHAN menjadi salah satu unsur yang saat ini sedang diperhatikan penuh oleh SD Kemala Bhayangkari 04 Semarang. Hal tersebut dikarenakan sekolah yang berada di kompleks Akpol Semarang itu sebentar lagi akan menuju perlombaan adiwiyata. Kepala Sekolah, Sumirah mengatakan pihaknya terus bersiap menata sekolah.

“Kebersihan mencakup banyak hal, antara lain pengelolaan sampah, kesehatan, kerapian, penghijauan serta konservasi lingkungan,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, minggu lalu.

Dijelaskan, keikutsertaan sekolah tersebut pada lomba adiwiyata merupakan penunjukan langsung dari UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur. “Meskipun ini merupakan keikutsertaan kami yang pertama, namun demikian, kami berusaha untuk melakukan persiapan secara optimal,” terangnya.

Namun demikian, prioritas utama adalah menanamkan kecintaan siswa pada lingkungan sekitar. “Memang kami pasti ingin menang atau paling tidak bisa meraih peringkat yang baik, namun lebih dari itu, kami ingin menerapkan pendidikan karakter pada diri siswa,” urainya.

Untuk pendidikan karakter tersebut, antara lain yaitu tanggung jawab, tekun, ketelitian, kerjasama, toleransi, percaya diri, kejujuran, religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrsi serta rasa ingin tahu.
“Jadi yang kami lakukan ini tidak semata-mata untuk lomba saja, namun juga untuk mengubah karakter siswa, menjadi yang sesuai dengan pendidikan karakter,” tegasnya.

Sementara itu, persiapan yang sudah dilakukan oleh sekolah antara lain yaitu menanam sejumlah pohon baru yang sengaja dibawa oleh siswa. “Jadi kami memang ada kerjasama dengan komite sekolah, ada tanaman yang disiapkan oleh mereka langsung,” jelasnya.

Selanjutnya, kendala masih ada di pengolahan sampah. “Terutama untuk pengolahan limbah, jadi mau dikemanakan sampah non organik ini masih dalam tahap direncanakan, karena kami memang menghindari bakar sampah,” ujarnya.

Namun, pihaknya sudah merencanakan, sampah nonorganik akan digunakan untuk ketrampilan siswa. “Sementara itu, untuk sampah organik, di belakang sekolah sudah kami buat lubang besar untuk mengelolanya menjadi kompos,” jelasnya.

Selanjutnya, pada keikutsertaan kali pertama ini, Sumirah berharap agar sekolahnya bisa menjadi juara. “Jadi sekolah tidak hanya memiliki prestasi akademik saja, namun juga diimbangi dengan prestasi nonakademik juga, itu harapan kami,” pungkasnya. (nji)



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger