Home » , , » SDN Petompon 02 129 Siswa Ikut Ujian Sekolah

SDN Petompon 02 129 Siswa Ikut Ujian Sekolah

Written By p3joeang45 on Selasa, 10 April 2012 | 20.44

LENGANG: SDN Petompon 02 Semarang lengang ketika berlangsung Ujian Sekolah
SEMARANG- Pada pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di hari pertama ini, semua siswa di SDN Petompon 02 masuk dan bisa mengikuti jalannya ujian dengan baik. Hal tersebut disampaikan oleh kepala sekolahnya, Setyowati saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Dikatakan, untuk ujian sekolah tahun ini diikuti oleh 129 siswa.
    
“Mereka terbagi dalam tujuh ruangan, masing-masing ruangan diisi oleh 20 siswa, dan ruangan terakhir diisi oleh 9 siswa,” jelasnya. Sedangkan untuk pengawas dilakukan silang sekolah. “Kebetulan di sekolah ini kan masing-masing tingkat ada tiga kelas, jadi guru di kelas A, menjadi pengawas di kelas B, begitu seterusnya,” jelasnya.
    
Untuk jadwal pada hari pertama yakni di jam pertama diisi Bahasa Indonesia dan jam kedua yaitu PKn. “Untuk pelaksanaan ini dilakukan dari hari Senin ini hingga Jumat, jadi lima hari,” kata dia.
    
Dikatakan, sejauh ini tidak ada kendala sama sekali dalam pelaksanaan Ujian Sekolah. “Kami sudah mempersiapkan semua, mulai dari materi untuk anak-anak, hingga sosialisasi yang kami lakukan kepada orang tua siswa,” urainya.
    
Dijelaskan, meskipun dalam ujian sekolah ini tidak seketat di ujian nasional mendatang, namun demikian para siswa diminta untuk tetap mengikuti dan mengerjakan soal dengan baik. “Karena nilai ujian sekolah kan juga menentukan untuk kelulusan nanti,” tuturnya.
    
Untuk sosialisasi tersebut, orangtua siswa diberi penjelasan mengenai nilai SKM (standar kelulusan minimal). “Supaya mereka tahu bagaimana penilaian yang dilakukan oleh sekolah. Dengan demikian kami berharap mereka bisa memberikan pengawasan kepada anak-anak saat belajar di rumah,” jelasnya.
    
Sejauh ini, orangtua siswa cukup kooperatif. “Tidak ada masalah, mereka bisa memahami penjelasan dari kami. Kami juga menjelaskan pelaksanaan US ini para siswa tidak ditariki biaya sedikitpun. Semua sudah dibiayai oleh dana BOS,” ujarnya.
   
Selanjutnya, untuk persiapan UN mendatang, biasanya para siswa mulai disibukkan dengan pemadatan materi yang dilakukan. “Namun karena saat ini para siswa sedang menghadapi Ujian Sekolah, untuk sementara ini pemadatan kami tiadakan dulu,” jelasnya.
   
Biasanya pemadatan materi dilakukan dari hari Senin hingga Rabu. “Mulai jam 13.00 hingga 14.30,” tambahnya. Selain itu, try out juga sudah dilakukan lima kali. “Untuk try out itu semua juga sudah dibiayai oleh sekolah. Hanya saja memang ada sejumlah siswa yang mengikuti try out yang banyak diadakan oleh sejumlah SMP. Untuk itu kami membebaskan siswa untuk mengikutinya,” jelasnya. (awi/15)

Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger