Home » , , » TK Taman Putra Mengajak Mandiri, Berani dan Peduli

TK Taman Putra Mengajak Mandiri, Berani dan Peduli

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 29 Mei 2012 | 16.06

NYANYI BARENG: Para siswa TK Taman Putra menyanyi dan menari bersama
(HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI)

SEMARANG- Mengajak anak agar mandiri, berani dan peduli merupakan satu hal yang dilakukan TK Taman Putra. Kemarin, para siswa diajak untuk berlatih mengenai kemandirian, keberanian dan kepedulian terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. 

“Misalnya ada satu sesi dimana anak-anak dibagi ke dalam kelompok. Satu kelompok berisi 10 anak. Mereka lantas melakukan tugas yang sudah diberikan,” jelas Kepala TK Taman Putra Amc Tri Handajani, saat ditemui di sela kegiatan, di Wisma Lansia Harapan Asri.

Dalam tugas tersebut, para siswa diminta untuk membuat pembatas kitab suci dari kertas. “Mereka menggunting kertas hingga menyerupai berbentuk bintang-bintang, setelah itu diwarnai,” jelasnya.

Yang menarik adalah masing-masing kelompok difasilitasi oleh peralatan dengan jumlah terbatas. “Misalnya satu kelompok hanya diberi tiga gunting dan satu crayon saja. Jadi mau nggak mau kan mereka harus bergantian menggunakan peralatan tersebut dengan teman yang lain. Tidak boleh egois,” ujarnya.

Dikatakan, selain itu, anak juga diajarkan untuk peduli terhadap orang lain. “Misalnya ada teman yang belum selesai mengerjakan tugasnya, maka teman yang sudah selesai bisa membantu,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini juga sekaligus mengajarkan kepada siswa tentang pendidikan karakter. “Karena dalam kegiatan ini mereka juga mendengarkan cerita tentang Santo Paulus. Dia adalah orang yang pemberani dan peduli,” terangnya.

Untuk itu, seusai siswa mendengarkan cerita tersebut, mereka bisa mencontoh sifat-sifat baik dari Santo Paulus. “Agar mereka juga mau mendalami karakter ini,” ujarnya.

Dijelaskan, pada kegiatan tersebut ada 60 siswa yang mengikuti dari TK kelompok A. Kalau untuk TK kelompok B sudah tanggal 18 Mei lalu, dengan membawa tema ‘Musa membebaskan Bangsa Galia’.

Pada kegiatan ini pihak sekolah juga melibatkan sejumlah mahasiswa Jurusan Psikologi dari Unika Soegijapranata.     

Laurencia Rizki yang bertindak sebagai trainer mengatakan, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang sengaja diciptakan sendiri olehnya tersebut, para siswa bisa dilatih untuk mendalami tiga sikap tersebut.

“Pada kesempatan ini ada tujuh mahasiswa dari Psikologi Unika yang ikut. Dalam kegiatan ini juga ada sesi dimana anak-anak makan snack namun pembagiannya tidak dengan berebutan. Dengan begitu mereka akan lebih sabar menunggu giliran,” ujar mahasiswa Magister Profesi Psikologi tersebut. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger