Home » , , , » Puluhan Siswa Raih Nilai ‘10’

Puluhan Siswa Raih Nilai ‘10’

Written By Sena on Selasa, 05 Juni 2012 | 13.23


SEMPURNA: Dua siswi Denaneer Rahmadatu ((kanan) ) dan Rechika Ardihia peraih meraih nilai ‘10’ pada UN bahasa Indonesia. (HARSEM/SUKMA WIJAYA)


DEMAK-Kurikulum Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) ternyata ampuh. Siswa dari sekolah tersebut berhasil lulus dengan nilai terbaik. Di SMPN 2 Demak yang sudah ber-RSBI sejak 2006-2007, terdapat puluhan siswa yang meraih nilai ujian nasional (UN) dengan skor sempurna alias 10. 

Uniknya nilai terbaik pada matematika dan IPA yang terbilang momok, malah dianggap biasa. Namun keberhasilan nilai terbaik di bahasa Indonesia justru dianggap luar biasa.

Dari 258 siswa SMPN 2 Demak, sebanyak 33 siswa meraih nilai 10 di mata pelajaran matematika, 25 siswa nilai 10 untuk IPA, dan dua siswa dengan skor 10 untuk bahasa Indonesia.

Dua siswa dengan nilai terbaik bahasa Indonesia-lah yang justru banyak mendapat ucapan selamat.”Sebab sejak enam tahun diberlakukannya RSBI di SMPN 2 Demak, baru kali ini meraih nilai 10 di UN bahasa Indonesia,” jelas Waka SMPN 2 Demak,  Mulyadi, Sabtu (3/5) seusai pengumuman kelulusan.

Lanjutnya, tahun ini 100 persen siswa SMP N 2 Demak dengan nilai rata-rata 9,2. Lain itu selama enam tahun pembelajaran RSBI, SMPN 2 Demak menduduki peringkat enam besar se-Indonesia dari 134 sekolah be-RSBI. 

Menurut tim penilai di tingkat nasional, RSBI SMP N 2 Demak mampu meningkatkan delapan standar proses belajar-mengajar, keberhasilan bahkan mampu meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional, sampai internasional.

Saat ditemui, dua siswa peraih nilai terbaik UN Bahasa Indonesia, yaitu Denaneer Rahmadatu dan Rechika Ardihia, mengaku hal ini hasil kerja keras mereka yang selalu belajar dan mencoba berlatih menjawab soal.

“Setiap sore kami ke rumah bu Mey Nurhayati (guru bahasa Indonesia, red) untuk berlatih soal,” kata Denaneer. Menurut dia, soal bahasa Indonesia cukup sulit. Ada yang menyimpulkan cerita, dirangkum, tema puisi yang soalnya menjebak, kalimat utama, gagasan, atau kalimat efektif yang membutuhkan kejelian. (swi/16)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger