Home » , , , , » Lulusan SMK Jadi Motor Penggerak Teknologi

Lulusan SMK Jadi Motor Penggerak Teknologi

Written By amoy ya annisaa on Senin, 02 Juli 2012 | 14.31

PEMBUKAAN OSTN: Pembukaan OSTN dimeriahkan oleh penampilan dari sejumlah pelajar SMK dengan tarian Lenggok. (HARSEM/DOK)


SEMARANG- Sebanyak 175 siswa SMK dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah mengikuti Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK ke V untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada ajang tersebut, para peserta akan mengikutsertakan sejumlah karya, di antaranya laptop dan mobil. Dekan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Dr Muhammad Nur DEA mengatakan, dengan adanya ajang tersebut diharapkan para lulusan SMK akan bisa menjadi motor penggerak teknologi masa depan.

“Apalagi ke depannya, teknologi sains akan semakin berkembang dan semakin berkembang lagi,” jelasnya saat memberikan sambutan pada acara yang digelar di Gedung Prof Sudharto kampus Undip Tembalang, Rabu (27/6) malam.

Untuk mengikuti OSTN ini, para peserta akan diuji oleh juri yang berkualitas. “Namun yang lebih penting dari itu bukan sekedar menjadi pemenang, namun kami akan mencari bakat-bakat muda untuk mengembangkan sains dan teknologi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga memotivasi para peserta. Jika beberapa waktu yang lalu, sempat ada anggapan bahwa siswa yang masuk ke SMK adalah mereka yang tidak berhasil masuk SMA, hal itu salah.

“Saat ini, SMK adalah harapan baru bagi kita semua untuk menciptakan masa depan yang lebih baik,” jelasnya. Apalagi, pada beberapa tahun terakhir ini, cukup banyak prestasi yang lahir dari jiwa kreativitas para pelajar SMK.

“Sudah begitu banyak produk SMK yang sudah mencoba untuk masuk ke pasar nasional. Ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan. Salah satu yang cukup menghebohkan yaitu mobil SMK,” jelasnya.

Hingga saat ini, pasar yang coba dimasuki oleh para siswa SMK antara lain laptop, mobil serta beberapa alat canggih lain. “Jika beberapa tahun yang lalu, benda-benda ini tidak mungkin diciptakan oleh pelajar SMK, namun mereka membuktikan ternyata SMK memang bisa,” jelasnya.

Selain itu, pada acara yang mengangkat tema ‘Terampil, Kreatif, Kuasai Sains dan Teknologi untuk Mendukung Bangkitnya Generasi Emas yang Memiliki Jati Diri Bangsa’ ini, dirinya juga mengatakan, Undip dan FSM sangat menyambut gembira apabila nanti dari siswa-siswi SMK berprestasi ini nanti mau menggali ilmu di Undip. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger