Home » , , , » Ratno Cinta Karawitan

Ratno Cinta Karawitan

Written By Sena on Senin, 02 Juli 2012 | 14.26


RATNO
(HARSEM/WARA MERDEKAWATI)

SEMARANG-Atas dasar ingin melestarikan budaya Jawa, dalam hal ini seni karawitan yang membuat Ratno, Kepala Sekolah SD Negeri Krapyak, terus mengembangkan kesenian itu. Salah satunya dengan memasukkan seni karawitan menjadi ektrakurikuler di SD N Krapyak.

Pria asal Wonogiri ini mengatakan, kepiawaiannya memainkan berbagai alat musik tradisional khas Jawa dimulai saat tengah belajar di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Kebetulan saat dirinya sekolah terdapat seni karawitan sebagai ekstrakurikuler.

“Saat SPG itu saya mulai belajar seni karawitan, mulai dari cara memukul bonang, gamelan sehingga dapat menciptakan suara yang harmonis dan enak didengar,” ungkapnya. Ratno mengatakan, melatih siswa SD belajar karawitan memang tidaklah mudah, karena diperlukan ekstra ketelatenan dalam mengajarkan cara memainkan alat-alat karawitan. Terutama bonang, yang menjadi melodi dalam alunan musik karawitan.

“Biasanya saya memilih siswa yang pintar memiliki nilai akademik yang bagus untuk memegang bonang. Biasanya saya mulai dari siswa kelas 3 yang saya ajari bermain karawitan,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu satu bulan dengan delapan kali pertemuan untuk latihan, siswa sudah bisa memainkan karawitan. Dengan memainkan beberapa lagu yang diajarkan. Misalnya, lagu Menthok-Menthok, Lir Ilir, dan Gambang Suling.

Selain, mengajar di SD, Ratno pun seringkali dimintai tolong untuk mengajar karyawan dari berbagai instansi untuk berlatih karawitan. “Lagu yang saya ajarkan disesuaikan dengan usia pemainnya, kalau siswa SD saya ajarkan lagu anak-anak. Di SD sengaja ditampilkan ekstrakurikuler tersebut, karena ingin sejak SD, siswa sudah mengenal budaya Jawa,” pungkasnya. (wam/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger