Home » , , , » Berzakat Latih Kepedulian Sosial Siswa

Berzakat Latih Kepedulian Sosial Siswa

Written By Sena on Kamis, 30 Agustus 2012 | 11.34

 LATIH KEPEDULIAN: Para siswa berzakat untuk melatih kepedulian para sesama.
(HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI)

SEMARANG- Pada setiap bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala. Salah satunya dengan berzakat.  Zakat tidak hanya dilakukan oleh umat muslim dewasa, namun haruslah dilakukan sedini mungkin. Tak terkecuali dengan yang dilakukan oleh puluhan siswa SD Muhammadiyah 01.
    
Kepala sekolah, Sadiyo mengatakan, zakat dilakukan oleh para siswa untuk melatih jiwa kepedulian pada para siswa. “Ada beberapa siswa yang berasal dari keluarga berkecukupan, namun tidak sedikit siswa yang layak dibantu,” paparnya.
    
Untuk itu, zakat dilakukan dari siswa dan untuk siswa. “Jadi zakat dari siswa, kami berikan ke siswa lain yang berasal dari keluarga kurang mampu,” kata dia. Jumlah keseluruhan ada 60 bungkus beras. “Masing-masing bungkus beras seberat 2,5 kg,” tambahnya
 
Sedangkan, sekolah juga memperbolehkan siswa yang berzakat dalam bentuk uang yaitu masing-masing Rp 20 ribu. “Untuk keseluruhan, jumlah uang yang terkumpul ada Rp 1 juta,” kata dia.
Pengumpulan zakat salah satu kegiatan mengisi kegiatan pesantren kilat Ramadan ini. Guru PAI, Amin Yasro mengatakan, ada beberapa materi yang disampaikan pada pelaksanaan pesantren ini.
   
 “Di antaranya materi tentang akhlak, baca Alquran serta pemutaran film tentang keagamaan,” paparnya.  Ada pula kegiatan yang merupakan tradisi sehari-hari. “Yaitu sholat Dhuha, selama Ramadan ini juga kami adakan,” jelasnya.
     
Dikatakan, untuk tujuan dari pesantren kilat ini yaitu untuk memberikan motivasi kepada siswa supaya lebih giat dalam beribadah. “Jadi yang kami sampaikan selama pesantren kilat ini di antaranya seni, ibadah serta akhlak,” ujarnya.
    
Pesantren diikuti oleh siswa mulai dari kelas satu hingga enam. “Bahkan siswa kelas satu sudah kami biasakan untuk mengikuti sholat Dhuha, ini untuk membentuk keimanan mereka. Semakin dini maka akan semakin baik,” paparnya. (awi/15)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger