Home » , , , , » Mahasiswa Harus Jaga Pancasila

Mahasiswa Harus Jaga Pancasila

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 04 September 2012 | 09.50

Hendarman Supandji (HARSEM/DOK)

SEMARANG- Mahasiswa sebagai salah satu komponen bangsa Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga Pancasila dan menumbuh-kembangkan karakter bangsa agar kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam NKRI  lebih maju dan berkelanjutan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Hendarman Supandji dalam Kuliah Umum dengan tema ''Meneguhkan NKRI melalui Pendidikan Karakter Bangsa'' di Auditorium Ir Widjatmoko USM Jl Soekarno-Hatta, Minggu (2/9).

Kegiatan yang dibuka Rektor USM, Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME itu diikuti ribuan mahasiswa baru Universitas Semarang (USM). Mantan Jaksa Agung itu mengatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang tersebar  di bumi, air dan ruang angkasa sebagai sumber-sumber kehidupan bagi  rakyat, bangsa dan negara.

Indonesia juga memiliki kekayaan  nilai-nilai budaya  yang baik yang tujuannya untuk memanfaatkan bagi keadilan dan kesejahteraan masyarakan secara lestari. ''Dalam getaran hati saya, saya yakin di antara kalian (mahasiswa baru USM), kelak akan ada yang menjadi pemimpin bangsa,'' ujar Hendarman Supandji yang disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Untuk itu, katanya, mahasiswa sebagai kader penerus  bangsa ini harus berperan aktif dalam  membangun dan menumbuh-kembangkan karakter bangsa melalui beberapa hal antara lain, mengenali
lebih jauh dan lebih dalam karakteristik, potensi dan sebaran sumberdaya  alam dan lingkungan

NKRI yang sangat ragam dan kaya, termasuk di dalamnya bumi, tanah, air dan ruang angkasa.
Selain itu,mengenali dan  berinteraksi  dengan seluruh bagian dari masyarakat bangsa Indonesia yang beragam etnik dan budaya, dan membangun pemahaman yang menyeluruh dan mendalami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

''Mahasiswa juga harus mengenali dan menumbuh-kembangkan kekayaan budaya Indonesia yang bersumberkan dari keunikan budaya lokal,'' ungkapnya. (B18/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger