Home » , , » Akpelni Kerja Sama dengan Polda Jateng *Jaga Keamananan Lingkungan

Akpelni Kerja Sama dengan Polda Jateng *Jaga Keamananan Lingkungan

Written By Khoierzblogs on Rabu, 31 Oktober 2012 | 10.08


KERJA SAMA: Polda Jateng kerja sama dengan Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) membentuk Balai Kemitraan Polisi, Masyarakat dan Mahasiswa (BKPMM) di kampus Akpelni Bendan Duwur, Selasa (30/10)
SEMARANG-Tidak proporsionalnya jumlah polisi dengan warga mendorong aparat kepolisian menggandeng masyarakat untuk menjaga keamanan bersama. Salah satu pihak yang diajak untuk menjaga kondusivitas lingkungan adalah kampus atau perguruan tinggi.

Seperti dilakukan antara Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) dengan Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) yang membentuk Balai Kemitraan Polisi, Masyarakat dan Mahasiswa (BKPMM) di kampus Akpelni Bendan Duwur, Selasa (30/10). Selain itu, kedua pihak tersebut juga menanda tangani nota kesepahaman untuk menjaga keamanan secara bersama.

Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo saat memberikan kuliah umum kepada taruna Akpelni menyampaikan,” kita semua harus bermitra baik. Sebab, jumlah polisi dengan warga di Jateng tidak sebanding.”

''Jumlah polisi yang ada di Jateng ini sekitar 35 ribu, sedangkan warganya ada 33 juta. Jumlah itu tidak seimbang, sebab tidak mungkin satu polisi harus mengawasi, menjaga atau mengawal 1.000 warga,'' katanya.

Maka itu, lanjut dia, langkah strategis dengan bermitra bersama masyarakat atau pihak terkait seperti perguruan tinggi ini sangat tepat. Karena ini juga merupakan program dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Selama ini masyarakat hanya tahu bahwa tugas kepolisian sekadar menangani masalah yang tampak terjadi. Padahal, sebenarnya masih banyak masalah lainnya yang luput dari pemberitaan media.

''Ibarat gunung es, yang nampak hanya yang terlihat di atas sementara di bawah masih banyak es lainnya. Begitu juga kejahatan, sehingga polisi tidak bisa bekerja sendiri dan butuh dukungan dari masyarakat untuk menjaga keamanan,'' tuturnya.

Sementara itu, Direktur Akpelni Djajari mengatakan, pihaknya siap untuk bermitra dengan polisi. Karena sesuai dengan tujuan, visi, dan misinya para taruna ini dididik untuk menjaga stabilitas negara.
''Adapun, dalam pendidikan taruna di Akpelni kami merekrut dosen-dosen muda. Sebab, permintaan lulusan dari sini cukup tinggi baik untuk pelayaran di dalam atau luar negeri,'' tandasnya. (K3/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger