Home » , , , » Ratusan Siswa Ikuti Manasik Haji

Ratusan Siswa Ikuti Manasik Haji

Written By Khoierzblogs on Jumat, 30 November 2012 | 09.10

HARSEM/DOK
Siswa TK dan SD Tunas Harapan mengikuti manasik haji di halaman MAJT Semarang, baru-baru ini.
Meski masih kecil, ratusan siswa TK dan SD Tunas Harapan bersiap pergi ke tanah suci.  Salah satu persiapannya adalah mengikuti manasik di halaman Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), baru-baru ini.

MESKI terik matahari menyinari mereka, namun semangat tak surut dari wajah 187 siswa ini. Ketua panitia Mulyono mengatakan, diadakannya kegiatan tersebut tidak lain agar siswa dapat mendapatkan banyak manfaat.

Di antaranya, mengenalkan rukun Islam yang kelima sedini mungkin. “Selain itu, dengan melakukan kegiatan ini, mereka bisa mengenali dan mengetahui tata cara ibadah haji,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, para siswa bisa memperoleh dorongan batin yang kuat untuk bercita-cita bisa melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya di tanah suci Makkah.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Yayasan Al Muhajirin Tulus Harapan dan orang tua wali siswa

“Ini adalah kali ke-12 kami mengadakan manasik. Kali ini siswa dibagi dalam enam kloter, masing-masing dibimbing empat orang guru. Adapun, tema manasik kali ini adalah memaknai ibadah haji agar menjadi manusia berakhlak berprestasi,” paparnya. 

Terpisah, Kepala Sekolah SD Islam Tunas Harapan, Jasmi SPd mengatakan, kegiatan manasik haji ini merupakan wujud aplikasi pembelajaran PAI (pendidikan aIslam), terutama ilmu fikih.

“Jadi pembelajaran tidak hanya berupa teori, tetapi juga praktik. Sehingga diharapkan para siswa mengetahui konsep secara utuh tentang ibadah haji sekaligus mempraktikkannya di lapangan,” urainya.

Dia mengatakan, siswa harus mampu mempraktekian teori-teori yang telah mereka dapatkan di dalam kelas. “Dengan praktek langsung mereka akan memperoleh ilmu yang lebih kuat, detail, dan aplikatif,” tambahnya.

Diharapkan, dengan kegiatan manasik haji ini akan bisa memberikan dorongan kepada orang tua/wali siswa atau siapa saja. Setidaknya dapat memberikan inspirasi, supaya segera melaksanakan ibadah haji ke Baitullah bagi yang sudah mampu. Serta menyiapkan diri sedini mungkin bagi yang saat ini belum mampu. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger