Home » , , » SMP IT PAPB Belajar Terbangkan Pesawat

SMP IT PAPB Belajar Terbangkan Pesawat

Written By Khoierzblogs on Selasa, 27 November 2012 | 08.57

HARSEM/DOK
FOTO BERSAMA: Siswa berpose di kantor Garuda Indonesia di Jakarta.
BAGAIMANA kalau anak-anak seumur menjadi pilot dan menerbangkan pesawat. Itulah gambaran kegirangan siswa SMP Islam Terpadu PAPB Semarang saat mengunjungi kantor Garuda Indonesia Jakarta, Kamis (22/11) lalu.

“Tema kunjungan bertajuk educational trip (perjalanan yang bersifat mendidik), hasil kerjasama Garuda Indonesia dengan lembaga kami,” kata humas SMP IT PAPB, Ery Handayani.

Ia menambahkan,  siswa sejumlah 36 dari kelas VII dengan 4 guru pendamping sangat senang melihat dunia penerbangan secara langsung. Khusunya seluk beluk tentang pesawat terbang.

Di awal kunjungan, rombongan SMP PAPB dipersilahkan untuk mengunjungi GITC (Garuda Indonesia Training Center).

“Itu merupakan tempat untuk training untuk para pilot hingga mahir menerbangkan pesawat. Sehingga, kami semua bebas masuk ini dan siswa banyak memperoleh pengetahuan lewat diskusi dan tanya jawab secara langsung dengan para trainer tersebut,” jelasnya.

Salah satu yang diperlihatkan kepada siswa yaitu tugas-tugas yang dilakukan pramugari. Beberapa di antaranya yaitu bagaimana pramugari harus menyelamatkan penumpang ketika dalam keadaan darurat. Hingga bagaimana seorang pramugari itu harus berdandan dan bersikap kepada penumpang.

Salah satu siswa yang ikut, Fauzi Febrianto mengaku sangat tertarik sekali menikmati uraian dari tugas-tugas pramugari.

“Karena banyak orang pada umumnya berpikir pramugrari itu yang penting cantik. Padahal nilai lebih seperti pintar, cerdas, tanggap dan komunikatif dengan penguasaan bahasa aktif harus menjadi prasyarat juga,” ujar siswa kelas VII A ini.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke AMU (Aircraft Mock Up) dan Replika Simulator. Di tempat ini para siswa tahu bagaimana pesawat itu bisa terbang. Apa saja yang dilakukan pilot. Dan yang paling menarik, siswa bisa langsung mencoba simutaor  pesawat.

“Bahkan beberapa  siswa enggan meninggalkan tempat itu karena mereka seolah bisa jadi seorang pilot yang menerbangkan pesawat,” jelasnya.

Setelah merasa puas di GITC, rombongan diajak ke (GMF) Garuda Maintenance Facility  dan Aerofood ACS (Aerowisata Catering Services). Di GMF yang merupakan bengkel pesawat, para siswa bisa tahu bagaimana secara mendetail teknisi yang selalu siap mengecek dan memperbaiki semua pesawat dalam maupun luar negeri.

“Di tempat tersebut, puluhan pesawat berkumpul untuk dicek dan diperbaiki sebelum terbang pesawat kembali,” jelasnya.

Kepala Sekolah, H Ramelan mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak Garuda. “Bagi saya, ini akan memberikan pemahaman yang cukup jelas tentang komponen-komponan yang ada dalam dunia penerbangan. Syukur-syukur tahu ada yang menekuni diri untuk minta menjadi pilot,” kata dia. (awi/nji)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger