Home » , , , » Tak Kreatif, Jangan Jadi Guru PAUD

Tak Kreatif, Jangan Jadi Guru PAUD

Written By Khoierzblogs on Rabu, 28 November 2012 | 08.56

HARSEM/DOK
Narasumber tengah menyampaikan materi dalam wrokshop guru PAUD di Unnes.
PENDIDIKAN anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan yang penting. Karena merupakan media pendidikan bagi anak-anak pada usia emas. Sayangnya, realitas memperlihatkan banyak dijumpai guru PAUD dengan kualifikasi seadanya.

Padahal, tak gampang menjadi guru PAUD. Karena harus kreatif agar pembelajaran menjadi menarik. “Juga harus kreatif menciptakan media pembelajaran,” pesan Agustinus Arum Eka ketika memberikan materi dalam workshop pembelajaran pendidik PAUD di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (23/11). 

“Kebutuhan tenaga pendidik PAUD semakin meningkat dan penting bagi seorang tenaga pendidik. Agar memiliki keterampilan dalam membuat rancangan media pembelajaran yang menarik”, katanya .

Untuk meningkatkan peserta workshop tidak hanya memperoleh teori. Tetapi melakukan praktik pembuatan media dari bahan daur ulang. Seperti pemanfaatan barang-barang bekas dari botol dan kertas yang dibentuk menjadi alat permainan e(APE).

Di antaranya, miniatur orang dari botol bekas dan  mobil-mobilan dari kertas bekas sebagai media permainan anak. Selain itu, peserta juga diberikan bekal pengembangan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) dengan menggunakan presentasi program power point dengan animasi untuk menarik perhatian siswa.

Agar suasana belajar di semakin menarik, penggunaan musik bisa menjadi alternatif. Karenanya peserta  mendapatkan praktik penciptaan lagu dengan notasi yang tepat untuk anak usia dini.

Amirul Mukminin, dosen PG PAUD Unnes selaku ketua panitia mengatakan bahwa workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pendidikan anak usia dini. (nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger